Ukraina Siapkan 10.000 Pilot Drone Jelang Serangan Balik

Sabtu, 06 Mei 2023 - 08:29 WIB
loading...
A A A
“Itulah mengapa proyek Drone Army diluncurkan sebagai bagian dari platform penggalangan dana UNITED24. Selama delapan bulan pengerjaan, proyek ini telah mengontrak 1.765 'burung' dengan total $3,4 miliar,” imbuhnya.

Program pesawat tak berawak Ukraina sekali lagi menjadi sorotan minggu ini di tengah serentetan serangan terhadap target infrastruktur Rusia yang dekat dengan area pertempuran. Namun Kiev telah menolak untuk mengkonfirmasi atau menyangkal bertanggung jawab.

Para pemimpin Ukraina menyangkal keterlibatan dalam serangan drone ganda di Kremlin minggu ini, yang menurut para skeptis mungkin merupakan operasi "bendera palsu" Rusia untuk membenarkan intensifikasi pemboman Moskow di kota-kota Ukraina.

Drone adalah elemen yang semakin penting dari persenjataan Kiev.



"Penggunaan drone membantu kami menyelamatkan nyawa tentara dan warga sipil kami," ujar Oleksandr Merezhko, anggota parlemen Ukraina dan ketua komite urusan luar negeri, mengatakan kepada Newsweek:

“Rusia telah menggali, dan untuk mengusir mereka dari parit, kami membutuhkan drone,” tambah Merezhko.

Bagian lain dari pemerintah Ukraina juga mendorong proyek pengadaan drone. Pada bulan Maret, Yuriy Shchigol — kepala Layanan Negara untuk Komunikasi Khusus Ukraina — mengatakan bahwa departemen tersebut akan menghabiskan sekitar USD867 juta untuk drone militer, yang sebagian besar akan diproduksi di dalam negeri.

UAV semacam itu, katanya, harus dianggap dapat dibuang dan diganti seperti jenis amunisi lainnya.

Penasihat menteri dalam negeri Ukraina, Anton Gerashchenko, mengatakan kepada Newsweek awal tahun ini bahwa drone adalah salah satu senjata paling penting untuk upaya berkelanjutan Kiev untuk membebaskan wilayah yang diduduki.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1189 seconds (0.1#10.140)