Heboh Drone Ukraina Diklaim Coba Habisi Putin, Ini 3 Teori yang Terjadi

Kamis, 04 Mei 2023 - 18:32 WIB
loading...
Heboh Drone Ukraina Diklaim Coba Habisi Putin, Ini 3 Teori yang Terjadi
Ukraina dituduh mencoba membunuh Presiden Rusia Vladimir Putin dengan serangan drone di Kremlin. Namun Ukraina menyangkal tuduhan tersebut. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Rekaman kamera keamanan memperlihatkan serangan dua drone, salah satunya meledak, di atas benteng Kremlin pada Rabu dini hari. Rusia menuduh itu sebagai upaya Ukraina untuk membunuh Presiden Vladimir Putin .

Namun Ukraina mengatakan serangan drone itu bukan dari mereka. Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menegaskan bahwa pasukannya hanya berperang di wilayah Ukraina yang diinvasi pasukan Moskow dan bukan menyerang negara lain.

Dalam perang yang penuh dengan propaganda, para pakar mengatakan kepada Insider, Kamis (4/5/2023), bahwa mereka melihat ciri khas dari serangan drone jarak jauh Ukraina dan juga upaya bertahap Rusia untuk membenarkan eskalasi berbahaya untuk mencoba memecahkan kebuntuan militer.

Jika itu adalah serangan Ukraina, itu akan menunjukkan bahwa para pemimpinnya mengambil risiko eskalasi besar dengan rencana yang dieksekusi dengan buruk, dengan terlalu sedikit bahan peledak dan Putin tidak ada di sana.



Kemudian ada pertanyaan tentang bagaimana drone bisa begitu dekat dengan kursi kekuasaan di salah satu gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yang paling dipertahankan di dunia. Ada beberapa hal dalam misteri ini yang masih tidak masuk akal.

Video dari insiden tersebut menunjukkan salah satu drone meledak dan menghujani puing-puing yang menyala di atas Kremlin, kemungkinan setelah dicegat oleh sistem pertahanan Rusia. Itu juga menunjukkan apa yang tampak seperti dua orang di atap gedung untuk tujuan yang tidak dapat dijelaskan.

Menyalahkan Ukraina, Kremlin mencirikan insiden hari Rabu sebagai tindakan teroris yang direncanakan dan upaya pembunuhan Presiden Vladimir Putin—meskipun tidak ada ancaman nyata terhadap Putin, mengingat dia tidak ada di sana pada saat itu.

"Rusia berhak untuk mengambil tindakan pembalasan," kata Kremlin.

Para pakar mengatakan kepada Insider bahwa meskipun ada pernyataan berani dari kedua negara, masih banyak yang tidak pasti.

“Masih banyak yang belum kita ketahui tentang serangan ini,” kata Samuel Bendett, pakar Center for Naval Analyses untuk pertahanan dan drone Rusia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1713 seconds (0.1#10.140)