Iran Kembali Sita Kapal Tanker Minyak, Kali Ini di Selat Hormuz

Rabu, 03 Mei 2023 - 20:08 WIB
loading...
Iran Kembali Sita Kapal Tanker Minyak, Kali Ini di Selat Hormuz
Iran sita kapal tanker minyak di Selat Hormuz. Foto/Ilustrasi
A A A
MANAMA - Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) mengatakan pasukan Iran telah menyita sebuah kapal tanker minyak di Selat Hormuz. Ini adalah insiden kedua dalam waktu kurang dari seminggu.

Angkatan Laut AS mengatakan kapal tanker berbendera Panama, Niovi, sedang berlayar di sekitar pantai Uni Emirat Arab (UEA), dari Dubai menuju Fujairah, ketika dihentikan oleh pasukan angkatan laut Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC).

"Selusin kapal serang cepat mengerumuni kapal di tengah selat," bunyi sebuah pernyataan dari Armada Kelima AS yang berbasis di Bahrain.



“(IRGC) kemudian memaksa kapal tanker minyak untuk berbalik arah dan menuju perairan teritorial Iran di lepas pantai Bandar Abbas,” sambung pernyataan itu seperti dikutip dari Middle East Monitor, Rabu (3/5/2023).

Kantor berita Iran Tasnim melaporkan penyitaan kapal yang disebut "pelanggar," tetapi tidak menjelaskan alasan penangkapan tersebut.

Ada serentetan insiden penyitaan kapal sejak 2018, ketika presiden AS saat itu Donald Trump menarik diri dari perjanjian nuklir dan menerapkan kembali sanksi yang melumpuhkan terhadap Iran. Keputusan ini membuat ketegangan melonjak.

Iran menyita sebuah kapal tanker minyak tujuan AS di lepas pantai Oman Kamis lalu, dengan mengatakan kapal itu menabrak sebuah kapal Iran sehingga dua awaknya hilang.



Angkatan Laut AS menuntut pembebasan segera kapal tanker berbendera Kepulauan Marshall tersebut, dengan mengatakan kapal itu sedang transit di perairan internasional di Teluk Oman dan mengecam "pelecehan berkelanjutan terhadap kapal" oleh Iran.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2170 seconds (0.1#10.140)