7 Agen Rahasia Cantik yang Pernah Gegerkan Dunia

Senin, 01 Mei 2023 - 13:26 WIB
loading...
7 Agen Rahasia Cantik yang Pernah Gegerkan Dunia
Anna Chapman, satu dari tujuh agen rahasia cantik yang pernah gemparkan dunia. Foto/Anna Chapman
A A A
JAKARTA - Badan intelijen atau badan mata-mata sejatinya bekerja seperti sistem saraf dalam pengaturan pertahanan negara mana pun. Mereka bertanggung jawab untuk memberikan informasi penting kepada pemimpin negara, lembaga penegak hukum maupun militer tentang kemungkinan ancaman terhadap keamanan nasional.

Kerja mereka mengumpulkan, menganalisis, dan mengeksploitasi informasi rahasia yang tidak tersedia bagi orang biasa. Caranya beragam, termasuk penyusupan atau infiltrasi, spionase, penyadapan, analisis sandi, dan berbagai teknik lainnya.

Banyak badan mata-mata yang terkenal karena keberanian atau kenekatan operasinya, seperti CIA (Amerika Serikat), MI6 (Inggris), Mossad (Israel), RAW (India), GCHQ dan NSA (Inggris dan Amerika Serikat), SVR (Rusia), dan Ministry of State Security (China).

Seorang agen rahasia menjadi salah satu ujung tombak dari kerja badan mata-mata. Sepak terjang merekalah yang ikut menentukan kesuksesan operasi badan intelijen.



7 Agen Rahasia Cantik yang Gegerkan Dunia


Uniknya, pekerjaan sebagai agen intelijen tidak memandang gender. Banyak agen intelijen perempuan berparas cantik yang operasinya pernah menggemparkan dunia. Berikut ulasannya:


1. Mata Hari

(7 Agustus 1876, Leeuwarden - 15 Oktober 1917, Vincennes)

7 Agen Rahasia Cantik yang Pernah Gegerkan Dunia

Foto/Dutch Review

Mata Hari menarik kekaguman setiap pria dan membuat iri hati setiap wanita.

Dia dikenal sebagai penari eksotis Belanda, pelacur, dan mata-mata yang dieksekusi oleh regu tembak di Prancis karena melakukan spionase untuk Jerman selama Perang Dunia I.

Aksinya populer karena dia berkeliling di kota-kota Eropa, di mana ia menjadi pelacur orang-orang kuat dalam pemerintahan dan militer.

Hubungannya dengan pria-pria berkuasa sering membawanya melintasi perbatasan internasional. Sebelum Perang Dunia I, Mata Hari umumnya dipandang sebagai seorang pekerja seni dan bohemian yang bersemangat dan hidup bebas.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1071 seconds (0.1#10.140)