Diplomat China: Xi Secara Pribadi Ikut Campur dalam Perundingan Arab Saudi dan Iran

Senin, 01 Mei 2023 - 06:01 WIB
loading...
Diplomat China: Xi Secara Pribadi Ikut Campur dalam Perundingan Arab Saudi dan Iran
Presiden China Xi Jinping. Foto/REUTERS
A A A
BEIJING - Presiden China Xi Jinping memainkan peran kunci dalam membantu membujuk para pemimpin saingan regional Arab Saudi dan Iran untuk memulihkan hubungan dan mengakhiri keretakan diplomatik tujuh tahun mereka.

Pernyataan itu diungkapkan seorang diplomat senior China kepada surat kabar People's Daily pada Sabtu (29/4/2023).

“Xi secara pribadi membujuk para pemimpin kedua negara dan mendukung Saudi dan Iran untuk mengembangkan hubungan persahabatan sebagai tetangga,” ujar Direktur Departemen Urusan Asia Barat dan Afrika Utara Kementerian Luar Negeri China, Wang Di, mengatakan kepada surat kabar yang terkait pemerintah itu.

Wang menambahkan, upaya Beijing mempromosikan stabilitas regional di Timur Tengah terjadi di tengah “beberapa negara besar di luar kawasan yang menyebabkan ketidakstabilan jangka panjang” untuk apa yang dia gambarkan sebagai “kepentingan pribadi” mereka sendiri.

Dia juga mengindikasikan Beijing akan menjadi “mediator yang adil” dan akan terus menjadi “promotor perdamaian dan stabilitas di Timur Tengah.”



Pembicaraan antara Teheran dan Riyadh terkenal karena tidak adanya keterlibatan Amerika Serikat (AS). Selama sekitar 75 tahun, Washington adalah pemain diplomatik utama di wilayah tersebut.

Kesepakatan bulan lalu yang ditengahi Beijing antara Arab Saudi dan Iran digembar-gemborkan sebagai kemenangan kebijakan luar negeri yang penting bagi China.

Itu juga menyebabkan kerajaan Saudi meluncurkan pembicaraan damai yang dirancang untuk mengakhiri konflik delapan tahun di Yaman.

“Itu juga menandakan kredibilitas diplomatik Beijing di kawasan itu mendapatkan pijakan dengan pengaruh ekonominya,” papar Oliver John dari wadah pemikir Pengaruh Timur Tengah yang berbasis di Washington, menurut South China Morning Post pada Sabtu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1308 seconds (0.1#10.140)