Penampakan Tentara Iran Terjun dan Rebut Kapal Tanker Minyak Tujuan AS

Sabtu, 29 April 2023 - 09:36 WIB
loading...
Penampakan Tentara Iran Terjun dan Rebut Kapal Tanker Minyak Tujuan AS
Penampakan para tentara IRGC Iran terjun dan rebut kapal tanker minyak tujuan Amerika Serikat. Foto/Angkatan Laut Iran
A A A
TEHERAN - Angkatan Laut Iran merilis video yang memperlihatkan para tentara Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) terjun di atas kapal tanker minyak Advantage Sweet tujuan Houston di Teluk Oman. Para tentara itu terlihat dengan cepat merebut kendali kapal tanker.

Naval Forces Central Command (NAVCENT) Amerika Serikat (AS) mengumumkan kapal tanker minyak Advantage Sweet berbendera Marshall Island direbut pasukan Iran pada hari Kamis setelah kapal tersebut meninggalkan Kuwait untuk perjalanan ke Houston, AS.

“Advantage Sweet direbut oleh Angkatan Laut Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Iran saat transit di perairan internasional di Teluk Oman,” kata NAVCENT.



"Pelecehan terus-menerus Iran terhadap kapal dan campur tangan hak navigasi di perairan regional merupakan ancaman bagi keamanan maritim dan ekonomi global," lanjut pernyataan NAVCENT, seperti dikutip AP, Sabtu (29/4/2023) .

"Dalam dua tahun terakhir, Iran secara tidak sah telah menyita setidaknya lima kapal komersial yang berlayar di Timur Tengah," imbuh pernyataan NAVCENT.

Video yang dirilis Angkatan Laut Iran menunjukkan pasukan IRGC mendekati kapal tanker minyak melalui helikopter saat melakukan perjalanan melalui Teluk Oman.

Seorang prajurit IRGC terlihat mengacungkan senapan keluar dari pintu helikopter saat helikopter "menyapu" kapal dari kejauhan.

Rekaman tambahan menunjukkan anggota IRGC turun dari helikopter melalui tali sebelum mengambil kendali kapal tanker minyak.

Insiden internasional ini hanyalah yang terbaru dari serangkaian aksi pasukan Iran terhadap kapal asing di dekat wilayahnya.

"Republik Islam terus membuktikan bahwa terorisme dan destabilisasi regionalnya tidak terbatas pada darat, udara, atau bahkan perairan internasional. Ancaman Teheran terhadap pelayaran internasional hampir setua Republik Islam itu sendiri," kata Behnam Ben Taleblu, senior fellow dan pakar Iran di Foundation for Defense of Democracies, kepada Fox News Digital.

“Iran terus menyandera kapal tanker minyak dan pelecehan terhadap kapal lain merobohkan teori bahwa keterlibatan China yang lebih besar di Teluk Persia dapat menahan perilaku buruk rezim,” imbuh dia.

Armada ke-5 Angkatan Laut AS mengaku masih memantau perkembangan situasi.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1882 seconds (0.1#10.140)