Inggris Suplai Peluru Depleted Uranium, Rusia: Tanda Eskalasi Habis-habisan

Rabu, 26 April 2023 - 20:21 WIB
loading...
Inggris Suplai Peluru Depleted Uranium, Rusia: Tanda Eskalasi Habis-habisan
Inggris telah mengirimkan peluru depleted uranium sebagai amunisi tank Changllenger 2 yang dikirim ke Ukraina. Foto/Ilustrasi
A A A
LONDON - Rusia mengutuk keputusan Inggris untuk mengirim peluru depleted uranium (DU) ke Ukraina . Rusia mengatakan langkah itu menandai "eskalasi habis-habisan" setelah Kementerian Pertahanan Inggris mengonfirmasi bahwa senjata radioaktif sudah berada di tangan Kiev.

Kedutaan Besar (Kedubes) Rusia di London mengeluarkan pernyataan setelah pejabat senior Inggris James Heappey mengakui bahwa amunisi DU negara itu telah tiba di medan perang, untuk ditembakkan dari tank Challenger 2 yang juga dipasok ke Ukraina.

"Komentar James Heappey adalah bukti suram atas kekejaman kebijakan Anglo-Saxon dari eskalasi habis-habisan 'konflik proksi' yang mereka sendiri keluarkan di Ukraina," kata Kedubes dalam pernyataannya.

“Dia dengan sinis menyatakan bahwa London tidak memantau penyebaran senjata-senjata ini dan tidak memiliki kewajiban untuk menghilangkan konsekuensi penggunaannya setelah konflik berakhir,” sambung pernyataan itu.



"Sekarang telah terbukti dengan sendirinya bahwa Barat menginginkan negara ini tidak hanya menjadi 'tempat tembak' militer anti-Rusia, tetapi juga tempat pembuangan sampah radioaktif - dengan semua konsekuensi serius berikutnya bagi kesehatan penduduk lokal dan lingkungan," begitu bunyi pernyataan itu seperti dikutip dari RT, Rabu (26/4/2023).

Kedubes Rusia melanjutkan dengan mengatakan bahwa pemerintah Inggris akan bertanggung jawab atas efek dari "amunisi beracun" dan tidak dapat menghindari pertanggungjawaban dengan menyerahkannya kepada pasukan Ukraina.

Dalam sebuah wawancara dengan RT minggu lalu, utusan Rusia untuk Inggris, Duta Besar Andrey Kelin, memperingatkan bahwa amunisi DU akan menjadi hal yang mengerikan bagi pertanian dan rakyat Ukraina, dengan mengatakan residu radioaktif dapat mencemari air dan tanah negara tersebut setidaknya selama enam generasi.

Baik pejabat Inggris dan AS telah memperdebatkan dugaan bahaya kesehatan yang terkait dengan peluru DU – yang menggunakan inti uranium padat untuk meningkatkan kemampuan penembus lapis baja mereka – dan menyangkal tuduhan bahwa senjata tersebut terkait dengan lonjakan kanker dan cacat lahir di Irak.

Heappey mengklaim bahwa depleted uranium hanya membawa risiko kesehatan dan lingkungan yang "rendah", merujuk pada studi pemerintah tahun 2007. Dia menambahkan bahwa Kementerian Pertahanan Inggris tidak akan melakukan upaya untuk melacak di mana pasukan Ukraina menggunakan putaran DU yang dipasoknya, dan tidak berkewajiban untuk membantu upaya pembersihan setelah konflik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1739 seconds (0.1#10.140)