Virus Zika Menyebar di 23 Negara & Bisa Jangkiti 4 Juta Orang

Jum'at, 29 Januari 2016 - 09:59 WIB
Virus Zika Menyebar di 23 Negara & Bisa Jangkiti 4 Juta Orang
Virus Zika Menyebar di 23 Negara & Bisa Jangkiti 4 Juta Orang
A A A
JENEWA - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengaku sangat khawatir dengan merebaknya wabah virus Zika yang telah menyabar di 23 negara. Menurut WHO, virus yang menyebar melalui benua Amerika itu bisa menjangkiti tiga hingga empat juta orang.

Kekhawatiran itu disampaikan ahli penyakit menular di kantor regional WHO Amerika, Marcos Espinal.”Kami dapat meyakini 3-4 juta kasus dari penyakit virus Zika,” katanya.

Belum ada vaksin untuk virus Zika, yang dianggap sebagai “saudara dekat” penyakit demam berdarah dan chikungunya itu. Virus Zika menyebabkan demam ringan hingga mata merah. Namun, diperkirakan 80 persen dari orang yang terinfeksi virus Zika tidak memiliki gejala, sehingga sulit bagi ibu hamil untuk mengetahui apakah mereka telah terinfeksi atau tidak.


Direktur Jenderal WHO, Margaret Chan, mengatakan pihaknya akan membentuk sebuah komite darurat pada hari Senin untuk membantu menentukan tingkat respons internasional untuk wabah virus yang menyebar dari Brasil tersebut. Sebab, virus itu diyakini menyebabkan cacat pada bayi yang baru lahir.

Tingkat alarm sangat tinggi, kata Chan pada pertemuan di Jenewa. Sampai saat ini, kasus telah dilaporkan menyebar di 23 negara dan wilayah territorial (Amerika),” ujarnya, seperti dikutip Reuters, Jumat (29/1/2016).


Brasil telah melaporkan ada 3.893 kasus microcephaly yang diduga imbas dari virus Zika. Pemerintah negara itu telah meminta warganya untuk menunda kehamilan sejak virus Zika mewabah.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5845 seconds (0.1#10.140)