Profil Nikolai Peskov, Anak Jubir Putin yang Bergabung dengan Tentara Bayaran Wagner

Selasa, 25 April 2023 - 09:40 WIB
loading...
Profil Nikolai Peskov, Anak Jubir Putin yang Bergabung dengan Tentara Bayaran Wagner
Profil Nikolai Peskov, Anak Jubir Putin yang Bergabung dengan Tentara Bayaran Wagner. FOTO/RT
A A A
JAKARTA - Nikola Peskov yang merupakan anak dari Juru Bicara Presiden Rusia, Vladimir Putin , baru-baru ini diketahui ikut serta dalam pasukan tentara bayaran Wagner dalam invasi Rusia ke Ukraina.

Menurut BBC, Wagner adalah kelompok tentara bayaran swasta Rusia yang terkenal kejam dan terkenal secara internasional atas dugaan kejahatan perang dan pelanggaran lainnya.



Tentara itu telah banyak merekrut ribuan narapidana setelah mengalami kerugian besar. Karenanya jarang ada anggota elit Rusia yang tertarik bergabung dengan kelompok tersebut.

Dalam sebuah wawancara dengan media lokal Komsomolskaya Pravda, Peskov mengungkapkan bahwa bergabungnya dia dengan Wagner adalah keputusannya sendiri, meski ayahnya turut punya andil dalam hal tersebut.

Klaim Nikolai Peskov ini bertepatan dengan upaya rekrutmen tentara baru yang diiklankan secara mendesak dengan tujuan memperkuat pasukan dalam penyerangan ke Ukraina.


Profil Nikolai Peskov


Nikolai Peskov yang lahir pada 3 Februari 1990 dari pasangan Dmitry Peskov dan Anastasia Budyonny ini sempat tinggal di Inggris selama beberapa dekade setelah runtuhnya Uni Soviet pada 1991.

Dilansir dari The Guardian, berdasar dokumen pengadilan Inggris pada tahun 2010, Peskov pernah didakwa melakukan perampokan dan menyebabkan timbulnya korban cedera fisik di Milton Keynes.

Pria yang kini telah berusia 33 tahun tersebut akhirnya kembali ke Moskow pada tahun 2010 dan mendapat pekerjaan di stasiun televisi berbahasa Inggris Kremlin.

Ketika serangan pertama Rusia ke Ukraina pada awal 2022 lalu, Peskov menjadi salah satu orang yang terkena sanksi dari AS. Kala itu dirinya tengah bertugas di kementerian luar negeri Moskow.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1809 seconds (0.1#10.140)