Rusia Fokus Kembangkan Drone Militer dan Peperangan Elektronik

Senin, 24 April 2023 - 15:06 WIB
loading...
Rusia Fokus Kembangkan Drone Militer dan Peperangan Elektronik
Seseorang berdiri di atas drone Okhotnik di Rusia. Foto/kemhan rusia
A A A
MOSKOW - Pertemuan pemerintah tentang pengembangan pesawat tak berawak (drone) yang melibatkan Presiden Rusia Vladimir Putin kemungkinan diadakan pada 25 April, menurut beberapa laporan.

Apa yang ada di balik fokus khusus Kremlin pada teknologi drone dan peperangan elektronik?

“Dalam konflik Ukraina, kendaraan udara tak berawak (UAV) telah dikerahkan secara luas (oleh Rusia) dalam berbagai kombinasi,” ungkap Viktor Litvinenko, pakar militer, kolonel, artileri, calon ilmu militer, peserta operasi tempur di Afghanistan, dan profesor di Departemen Pasukan Rudal dan Artileri, kepada Sputnik.

Dia menjelaskan, "Pertama, mereka digunakan untuk tujuan taktis, untuk tujuan pengintaian. Kedua, yang paling kuat digunakan untuk operasi penyerangan. Dan ketiga, inilah yang disebut drone multiguna.”

“Dan saya ingin mencatat bahwa arah menuju pengembangan pesawat tak berawak sekarang menjadi salah satu yang mendasar. Mengapa? Karena drone telah menjadi bagian dari sarana daya tembak," papar dia.

Pada 25 April, pertemuan tentang pengembangan teknologi drone yang diketuai Presiden Rusia Vladimir Putin mungkin akan berlangsung.

Sebelumnya, pada Desember 2022, Putin menginstruksikan pemerintah Rusia meluncurkan produksi massal UAV di negara tersebut.

Pada Juni 2023, pemerintah harus menyiapkan strategi pengembangan pesawat nirawak hingga 2030.

UAV dan Sistem Drone Swarm


“Pemimpin terkuat dalam pengembangan pesawat tak berawak adalah AS, Israel, dan Turki,” lanjut Litvinenko.

Dia menjelaskan, “Tapi sekarang kita telah menciptakan sistem drone yang cukup kuat, seperti Orlan-10 tingkat menengah dan Orion-30. Kemudian, drone yang lebih berat sudah muncul, misalnya Okhotnik-1.”

“UAV yang paling menarik adalah multiguna drone, misalnya ada drone yang membawa senjata misalnya granat, dan lain sebagainya, sedangkan drone seperti ZALA Lancet atau Geran-2 bekerja pada jenis target khusus, yaitu lebih berat, objek lapis baja, seperti tank, peluncur senjata, kendaraan tempur infanteri dan sejumlah objek lainnya. Dan drone, seperti Orlan-30, menghantam objek, termasuk yang bergerak, dengan senjata berpemandu laser berpresisi tinggi," ujar dia.

Namun, produksi drone saja tidak cukup, menurut pakar militer itu. Operator kendaraan udara tak berawak adalah profesi penting yang membutuhkan perhatian, pelatihan, dan pendidikan, menurut Litvinenko.

“Dapat dikatakan bahwa produksi drone dan pemindahannya ke garis depan, pelatihan personel yang tepat, dan kerja tim yang terkoordinasi dengan baik di lapangan adalah kunci kemenangan,” ungkap pakar tersebut.

"Ketika berbicara tentang strategi pengembangan kendaraan tak berawak, kita harus banyak memperhatikan apa yang disebut 'sistem swarming'," ujar dia.

Sistem drone kerumunan terdiri dari beberapa platform terbang udara tak berawak yang terintegrasi sebagai sistem jaringan tunggal yang dikelola oleh operator.



Idealnya, sistem ini memungkinkan UAV untuk bekerja sama satu sama lain menggunakan protokol otonomi, komputasi, komunikasi, dan AI tingkat lanjut.

Menurut Litvinenko, sistem ini dapat digunakan baik untuk pengintaian maupun penyerangan dan memfasilitasi kemampuan bertahan hidup yang luar biasa.

Sementara drone individu dapat dengan mudah dilumpuhkan, sistem kerumunan tersebut dapat bertahan. Namun, sebagian besar sistem drone masih memerlukan keterlibatan operator, menurut pakar tersebut.

“Terlepas dari kenyataan bahwa banyak yang dikatakan tentang otonomi drone, mereka kebanyakan adalah drone semi-otonom,” ujar Alexei Leonkov, seorang analis militer dan editor Arsenal of the Fatherland, publikasi militer Rusia, kepada Sputnik.

“Jika terjadi kesalahan dalam tindakan otonom drone, operator selalu dapat mengintervensi dan memperbaikinya; atau menemukan drone yang macet di suatu tempat, misalnya, atau mengarahkan beberapa drone darat yang mengirimkan korespondensi. Jadi belum memungkinkan berbicara tentang drone yang sepenuhnya otonom yang beroperasi dikendalikan oleh kecerdasan buatan," papar dia.

Sistem Peperangan Elektronik Tercanggih Rusia


Bersamaan dengan strategi yang ditujukan untuk meningkatkan produksi drone, Vladimir Putin menyerukan peningkatan sistem peperangan elektronik.

Sudah ada laporan yang mengatakan Rostec, konglomerat pertahanan milik negara Rusia, akan menyelesaikan tes dalam beberapa bulan mendatang dan memulai produksi massal generasi baru peperangan elektronik (EW) dan UAV tempur.

“Sistem peperangan elektronik telah berkembang sejak lama,” papar Leonkov menekankan.

Artinya, bisa dibilang, Rusia adalah satu-satunya negara di dunia yang memiliki sistem peperangan elektronik khusus yang menargetkan peralatan radio tertentu; senjata presisi tinggi dan sekering; dan stasiun pengawasan elektronik baik berbasis penerbangan maupun darat.

“Kita memiliki sistem EW yang dapat menargetkan sistem komunikasi, termasuk komunikasi seluler dan sistem Internet seluler. Dan kita juga memiliki kompleks EW yang dapat menargetkan sistem satelit untuk transmisi data, komunikasi, intelijen, dan sebagainya. Pengembangan kompleks ini tidak pernah berhenti," ujar dia.

Dalam operasi militer khusus di Ukraina, Rusia menghadapi berbagai macam pesawat tak berawak yang membutuhkan sejumlah besar rudal untuk menembak jatuh mereka. Dalam situasi tersebut, sistem EW berguna, menurut analis militer.

“Ada peralatan, tapi sebagian besar eksperimental, mampu menghasilkan dampak skala besar pada sejumlah besar kendaraan udara tak berawak,” ungkap Leonkov.

Dia menjelaskan, "Saya telah melihat beberapa instalasi semacam itu yang dapat segera menutupi ruang besar di mana mereka melakukan aktivitas mereka. Kekuatan mereka memungkinkan Anda untuk menargetkan seluruh kelompok drone.”

“Oleh karena itu, kemunculan mereka di zona konflik adalah masalah waktu. Dan memang, segera setelah mereka masuk ke produksi massal dan muncul di garis kontak, sebagian besar masalah dengan kendaraan kecil tak berawak akan teratasi. Kompleks semacam itu akan mampu melawan kawanan drone, yang belum telah digunakan dalam skala besar di zona operasi militer khusus," papar dia.

Sebelumnya dilaporkan bahwa kompleks industri militer Rusia telah mengembangkan sistem peperangan elektronik baru yang mampu menekan satelit di orbit geostasioner dengan sinyalnya, yakni sekitar 36.000 kilometer di atas permukaan laut.

Dilaporkan, peralatan EW baru tidak akan mengizinkan drone Ukraina bekerja di garis depan: ini akan melumpuhkan UAV yang beroperasi pada frekuensi 2,4-5,8 Hertz.

“Pertanyaannya adalah bagaimana kerja kompleks peperangan elektronik akan diatur sehingga mempengaruhi baik satelit utama individu, baik militer maupun sipil, atau kelompok satelit,” ungkap Leonkov.

“Misalnya, satelit untuk penginderaan jauh Bumi, satelit yang menyediakan komunikasi seluler dan Internet dalam format 5G. Jika satelit ini beroperasi untuk keperluan militer, mereka menjadi lingkaran kendali pertempuran,” ujar dia.

Dia menjelaskan, “Jadi, dampak dari kompleks peperangan elektronik pada mereka melanggar fungsi mereka. Jika musuh tidak mengerti bahwa satelit komersial digunakan untuk sesuatu selain tujuan yang dimaksudkan, maka mereka dapat dibuat berhenti berfungsi.”

“Pada prinsipnya, ada preseden seperti itu. Elon Musk mengeluh bahwa satelitnya mulai bekerja dengan buruk. Kemudian beberapa di antaranya gagal. Dia harus meluncurkan satelit tambahan dari cadangan untuk terus menerus mengirimkan sinyal 5G ke seluruh permukaan planet ini," papar dia.

Menurut analis militer, kompleks EW Rusia telah membuktikan efisiensinya dalam berbagai operasi tempur dan akan dikembangkan lebih lanjut untuk meningkatkan kinerjanya di zona konflik Ukraina.

“Contoh tipikal adalah konflik yang terjadi di Transcaucasia antara Armenia dan Azerbaijan, pertempuran selama 44 hari. Segera setelah kompleks Pole-21 EW muncul di sana, drone musuh, termasuk amunisi yang berkeliaran, tidak dapat lagi terbang ke wilayah kantong, yang berada di sekitar kota Stepanakert,” papar dia.

“Artinya, begitu mereka melintasi perbatasan, komunikasi dan kontrol terputus dengan mereka, mereka jatuh, mereka rusak, atau terjadi penghancuran diri. Oleh karena itu, efektivitas peperangan elektronik kompleks telah diuji tidak hanya di Armenia dan Azerbaijan, tetapi juga telah diuji di Suriah," pungkas Leonkov.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1605 seconds (0.1#10.140)