Profil Amritpal Singh, Buronan India yang Ditangkap Setelah Kabur Satu Bulan

Senin, 24 April 2023 - 12:30 WIB
loading...
Profil Amritpal Singh, Buronan India yang Ditangkap Setelah Kabur Satu Bulan
Profil Amritpal Singh, Buronan India yang Ditangkap Setelah Kabur Satu Bulan. FOTO/Economic Times
A A A
NEW DELHI - Polisi India telah menangkap separatis Sikh, Amritpal Singh setelah mencarinya selama lebih dari sebulan. Ia memimpin sebuah langkah melawan kebangkitan tanah air merdeka di negara bagian Punjab yang berbatasan dengan Pakistan.

"Amritpal Singh telah ditangkap dari desa Rode di distrik Moga, Punjab atas dasar intelijen khusus," kata Sukhchain Singh Gill, pejabat tinggi kepolisian Punjab kepada wartawan, seperti dikutip dari Reuters.



Penangkapan Amritpal Singh (30), yang memimpin kelompok bernama Waris Punjab De (pewaris Punjab) -- terjadi setelah pengkhotbah gadungan dan ratusan pendukungnya menyerbu kantor polisi dengan pedang dan senjata api, menuntut pembebasan salah seorang ajudannya.

Polisi menuduh Singh dan para pendukungnya melakukan percobaan pembunuhan, menghalangi penegakan hukum, dan menciptakan ketidakharmonisan, dan mengatakan dia telah dalam pelarian sejak pertengahan Maret.

Dia ditangkap di desa gurudwara, sebuah kuil Sikh, di bawah Undang-Undang Keamanan Nasional, yang memungkinkan mereka yang dianggap mengancam keamanan nasional ditahan tanpa dakwaan hingga satu tahun, kata pejabat polisi itu.

Siapakah sesungguhnya Amritpal Singh? Sebagian besar kehidupan awal Singh tetap diselimuti misteri. Dia tinggal di distrik Amritsar Punjab sebelum pindah pada usia 19 tahun ke Dubai, tempat dia bekerja untuk bisnis transportasi keluarganya. Dia kemudian kembali ke India pada September tahun lalu.



Bulan itu dia diangkat menjadi ketua Waris Punjab De, sebuah organisasi yang didirikan oleh Deep Sidhu, seorang aktor dan aktivis India yang meninggal dalam kecelakaan lalu lintas pada Februari 2022.

Organisasi tersebut merupakan bagian dari kampanye besar-besaran untuk memobilisasi petani melawan reformasi pertanian yang didorong oleh pemerintahan Perdana Menteri Narendra Modi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1231 seconds (0.1#10.140)