Mesir Menyangkal Produksi Roket untuk Rusia

Kamis, 13 April 2023 - 16:59 WIB
loading...
Mesir Menyangkal Produksi Roket untuk Rusia
Mesir menyangkal memproduksi roket untuk Rusia. Foto/Ilustrasi
A A A
KAIRO - Seorang pejabat pemerintah Mesir telah menolak laporan Washington Post yang mengklaim bahwa militer negara itu berencana untuk "diam-diam" memasok Rusia dengan artileri dan bubuk mesiu.

"Klaim itu salah dan tidak memiliki dasar kebenaran,” kata perwira senior itu pada hari Senin, menurut Al Qahera News, yang dinukil RT, Kamis (13/4/2023).

The Washington Post dalam sebuah artikel pada hari Senin mengklaim bahwa Presiden Mesir Abdel Fatah El-Sisi baru-baru ini memerintahkan bawahannya untuk memproduksi hingga 40.000 roket untuk dikirim secara diam-diam ke Rusia, mengutip dokumen intelijen AS yang bocor.

El-Sisi dilaporkan menginstruksikan pejabat militer seniornya dalam dokumen sangat rahasia tertanggal 17 Februari untuk merahasiakan produksi dan pengiriman roket untuk menghindari masalah dengan Barat.



Menanggapi tuduhan sebelumnya, juru bicara Kementerian Luar Negeri Mesir Ahmed Abu Zeid mengatakan kepada media bahwa posisi negara Afrika Utara itu sejak awal didasarkan pada tidak terlibat dalam krisis dan berkomitmen untuk menjaga jarak yang sama dengan kedua belah pihak.

Dia juga menegaskan kembali dukungan Mesir untuk piagam PBB dan hukum internasional dalam resolusi Majelis Umum PBB.

Sumber pemerintah yang dikutip oleh media yang berafiliasi dengan negara Al Qahera News menegaskan kembali posisi yang sama. Pejabat yang tidak disebutkan namanya menggambarkan laporan itu sebagai "absurditas informasi," mengatakan bahwa Mesir mempertahankan kebijakan seimbang dengan semua pihak internasional.

Sementara itu, Gedung Putih juga mengatakan tidak ada indikasi bahwa Kairo menyediakan senjata mematikan untuk Rusia. Seorang juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS, John Kirby, memberi tahu wartawan bahwa Mesir tetap menjadi "mitra keamanan penting" Washington.

“Militer Amerika Serikat memiliki hubungan pertahanan yang sudah berlangsung lama dengan Mesir sejak bertahun-tahun yang lalu,” katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2107 seconds (0.1#10.140)