Pakar: Masalah Covid-19 di AS Dibahas Dalam Lingkup Politik, Bukan Medis

Selasa, 21 Juli 2020 - 04:10 WIB
loading...
Pakar: Masalah Covid-19 di AS Dibahas Dalam Lingkup Politik, Bukan Medis
Ilustrasi
A A A
OTTAWA - Seiring dengan terus menyebarnya Covid-19 di beberapa negara bagian Amerika Serikat (AS), termasuk Florida, Texas, Arizona dan California, pemerintah AS juga terus mempolitisasi masalah kesehatan masyarakat. Hal itu disampaikan Jason Kindrachuk, asisten profesor patogenesis virus di Universitas Manitoba, Kanada.

“Buku-buku sejarah akan memiliki banyak hal untuk dibicarakan tentang apa yang salah dan kapan itu terjadi. Saya pikir apa yang kami lihat adalah secara realistis adalah semua jenis kesalahan kecil yang terjadi pada awalnya," kata Kindrachuk.

"Jadi, kami kembali ke ide pengujian dan pelacakan kontak sejak awal pandemi di AS. Kita tahu itu masalah. Kita tahu bahwa itu adalah batasan dalam jumlah pengujian yang sedang dilakukan dan kapan itu dilakukan. Apa yang kami lihat jelas merupakan respons yang tertunda," sambungnya, seperti dilansir Sputnik.

(Baca: AS Rilis Bukti Virus Corona Buatan Laboratorium China )

Dia menuturkan, apa yang dia lihat saat ini di AS adalah politisasi pandemi dan di situlah dia melihat Kanada dibandingkan dengan AS. Menurutnya, ada perbedaan besar diantara kedua negara dalam hal ini.

Menurutnya, orang Kanada telah menerima, di luar minoritas yang sangat-sangat kecil, bahwa ini adalah masalah nasional di mana semua orang harus terlibat di dalamnya, sebuah hal yang tidak terlihat di bagian selatan AS.

Masker telah menjadi topik perdebatan sengit di AS, yang direkomendasikan oleh Pusat Pengendalian Penyakit AS (CDC) untuk membendung penyebaran penyakit pernapasan, bahkan ketika beberapa orang mengklaim bahwa dipaksa memakai masker adalah pelanggaran terhadap kebebasan sipil mereka.

Sebuah meta-analisis dari 172 studi yang diterbitkan pada 1 Juni di Lancet Journal menemukan bahwa memakai masker dapat mengakibatkan pengurangan besar dalam risiko infeksi. Di Kanada, jelasnya, mereka yang tidak dapat mengikuti pedoman jarak sosial disarankan untuk memakai topeng.

“Kami memiliki rekomendasi yang didasarkan pada orang-orang yang tidak dapat menjaga jarak sosial atau mereka yang berada dalam situasi di mana mereka tidak dapat terpisah sejauh enam kaki. Tapi kami belum pernah melihat perdebatan sengit di Kanada. Saya pikir orang-orang hanya mengikuti apa yang direkomendasikan," ucapnya.

"Kami melihat beberapa perdebatan awal tentang kegunaan masker dan saya pikir disitulah Anda melihat beberapa pos yang lebih ganas di media sosial yang muncul, sains telah berkembang," ungkapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1379 seconds (0.1#10.140)