AS Tangkap 2 Polisi Rahasia China di New York

Selasa, 18 April 2023 - 06:17 WIB
loading...
A A A
DOJ menuduh Lu melakukan kegiatan represif di tanah AS atas nama China, seperti memimpin protes tahun 2015 terhadap anggota agama yang dilarang—kemungkinan besar Falun Gong— selama kunjungan Presiden Xi Jinping; dugaan pelecehan pada tahun 2018 terhadap seorang yang mengaku buronan agar kembali ke China; dan menemukan aktivis pro-demokrasi di California pada tahun 2022.

Sedangkan tuduhan menghalangi proses peradilan didasarkan pada klaim FBI bahwa Lu dan Chen telah menghapus percakapan dengan pejabat MPS dari ponsel yang disita otoritas AS selama penggerebekan Oktober 2022 di properti yang diduga sebagai kantor polisi rahasia China.

DOJ juga telah mengumumkan dua kasus terhadap total 44 warga negara China, menuduh mereka menggunakan internet untuk mengancam dan melecehkan para pembangkang China yang berlokasi di seluruh dunia, termasuk AS.

Menurut jaksa penuntut, 34 petugas MPS adalah bagian dari "troll farm" yang dijuluki "Kelompok Kerja Proyek Khusus 912".

Sepuluh lainnya, termasuk karyawan MPS dan Cyberspace Administration of China, juga didakwa dengan konspirasi yang melanggar hukum untuk mentransfer alat identifikasi. Semua tinggal di luar AS dan tetap bebas.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1027 seconds (0.1#10.140)