3 Staf PBB Tewas di Sudan

Minggu, 16 April 2023 - 07:11 WIB
loading...
A A A
Kekerasan dilaporkan terjadi di seluruh negeri, termasuk di kota-kota di wilayah Darfur.

Tentara mengatakan jet menghantam pangkalan RSF, dan angkatan udara negara itu mengatakan kepada orang-orang untuk tetap di rumah mereka pada Sabtu malam saat melakukan survei udara penuh terhadap aktivitas paramiliter.

Para jenderal telah menjalankan Sudan sejak kudeta pada Oktober 2021.

Pertempuran terjadi antara unit-unit tentara yang setia kepada pemimpin de facto, Jenderal Abdel Fattah al-Burhan, dan RSF, yang dipimpin oleh wakil pemimpin Sudan, Mohamed Hamdan Dagalo.

Jenderal Dagalo mengatakan pasukannya akan terus berperang sampai semua pangkalan militer direbut.

Sebagai tanggapan, angkatan bersenjata Sudan mengesampingkan negosiasi atau dialog "sampai RSF paramiliter dibubarkan", dan Jenderal Burhan memerintahkan pembubaran kelompok tersebut.

Di Khartoum, yang merupakan Ibu Kota Sudan, warga melarikan diri dan berlindung saat asap hitam membumbung di atas kota.

Seorang wartawan Reuters mengatakan ada kendaraan lapis baja di jalanan, sementara video menunjukkan sebuah pesawat sipil terbakar di bandara Khartoum. Maskapai penerbangan Arab Saudi, Saudia, mengatakan salah satu Airbusnya diserang.



Saudia dan EgyptAir telah menangguhkan penerbangan ke Khartoum dan negara tetangga Chad telah menutup perbatasannya dengan Sudan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1534 seconds (0.1#10.140)