Filipina dan AS Mulai Latihan Militer Gabungan Terbesar, Kerahkan 18.000 Tentara

Selasa, 11 April 2023 - 14:01 WIB
loading...
Filipina dan AS Mulai Latihan Militer Gabungan Terbesar, Kerahkan 18.000 Tentara
Pasukan Filipina dan AS menembakkan peluru anti-tank AT-4 84mm selama latihan tembakan langsung di latihan militer gabungan tiga pekan Salaknib di Fort Magsaysay, Nueva Ecija, Filipina, 31 Maret 2023. Foto/REUTERS/Eloisa Lopez
A A A
MANILA - Filipina dan Amerika Serikat (AS) meluncurkan latihan militer bersama terbesar mereka pada Selasa (11/4/2023).

Sekutu lama itu berusaha melawan aktivitas China yang meningkat di wilayah tersebut.

Hampir 18.000 tentara mengambil bagian dalam latihan tahunan yang dijuluki Balikatan, atau “bahu bahu” dalam bahasa Filipina.

Ini untuk pertama kalinya akan mencakup latihan tembakan langsung di Laut China Selatan, yang hampir seluruhnya diklaim Beijing.

Latihan tersebut mengikuti kesimpulan dari latihan militer China selama tiga hari yang mensimulasikan serangan yang ditargetkan dan blokade Taiwan yang dianggap Beijing sebagai bagian dari wilayahnya.



Balikatan akan mencakup pendaratan helikopter militer di satu pulau Filipina di ujung utara pulau utama Luzon, hampir 300 kilometer (180 mil) dari Taiwan, dan merebut kembali pulau lain dengan pasukan amfibi.

Ini akan menjadi pertama kalinya latihan diadakan di bawah Presiden Ferdinand Marcos, yang berusaha memperkuat hubungan dengan Amerika Serikat setelah pendahulunya Rodrigo Duterte menghancurkan aliansi tersebut.

“Agar kami dapat melindungi wilayah kedaulatan kami, kami benar-benar harus mengebor dan melatih bagaimana kami akan merebut kembali satu pulau yang telah diambil dari kami,” ungkap juru bicara latihan Filipina Kolonel Michael Logico kepada wartawan setelah upacara pembukaan di kamp militer di Manila.

Dalam beberapa bulan terakhir, Manila dan Washington telah sepakat memulai kembali patroli maritim bersama di Laut China Selatan dan mencapai kesepakatan memperluas jejak pasukan AS di Filipina, yang membuat marah China.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1593 seconds (0.1#10.140)