8 Kapal Perang China Kitari Perairan Sekitar Taiwan

Selasa, 11 April 2023 - 11:35 WIB
loading...
8 Kapal Perang China Kitari Perairan Sekitar Taiwan
Armada penegakan hukum maritim China dipimpin kapal patroli dan penyelamat Haixun 06 berpatroli selama operasi patroli bersama di perairan tengah dan utara Selat Taiwan, di provinsi Fujian, China dalam gambar drone yang dirilis pada 5 April 2023. Foto/REU
A A A
TAIPEI - Delapan kapal perang China masih beroperasi di perairan sekitar Taiwan pada Selasa (11/4/2023). Kementerian Pertahanan (Kemhan) Taiwan mengungkapkan hal itu sehari setelah Beijing mengumumkan penghentian latihan perang besar-besaran.

China meluncurkan latihan militer tiga hari di sekitar Taiwan yang memiliki pemerintahan sendiri pada Sabtu. Latihan itu menampilkan simulasi serangan yang ditargetkan dan mempraktekkan blokade pulau itu.

Unjuk kekuatan itu merupakan tanggapan atas pertemuan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen dengan Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Kevin McCarthy pekan lalu.

Pertemuan itu diperingatkan China akan memicu tindakan pembalasan.

"Ada 8 kapal yang masih beroperasi di perairan sekitar Taiwan," ungkap Kemhan Taiwan, seraya menambahkan pihaknya memantau situasi dengan cermat.



Kementerian mengatakan telah mendeteksi 12 kapal perang China dan 91 pesawat di sekitar pulau pada hari terakhir latihan, dengan 54 pesawat melintasi zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ) barat daya dan tenggara Taiwan.

Serbuan ADIZ adalah yang tertinggi yang tercatat dalam satu hari sejak Oktober 2021.

Selama latihan, jet tempur J15 dikerahkan dari kapal induk China Shandong dan termasuk di antara pesawat yang melintasi garis median, menurut Kemhan Taiwan.

Beijing mengklaim Taiwan sebagai bagian dari wilayahnya dan berjanji akan merebutnya kembali suatu hari nanti.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1231 seconds (0.1#10.140)