Kapal Perang Terbesar Gabung Angkatan Laut Turki

Selasa, 11 April 2023 - 04:30 WIB
loading...
Kapal Perang Terbesar Gabung Angkatan Laut Turki
Kapal Perang Terbesar Gabung Angkatan Laut Turki. FOTO/Anadolu Agency
A A A
ISTANBUL - TCG Anadolu, kapal perang terbesar Turki dan kapal induk kendaraan udara tak berawak (UCAV) pertama di dunia, dikirim ke Angkatan Laut negara itu pada Senin (10/4/2023).

Dibangun di galangan kapal Sedef yang berbasis di Istanbul, kapal raksasa itu dapat membawa helikopter, drone, kendaraan darat, kapal perang ringan, dan personel.



Berbicara pada upacara pengiriman di Istanbul, Presiden Recep Tayyip Erdogan mengatakan, TCG Anadolu, tempat helikopter dan drone terbesar dan terberat dapat mendarat dan lepas landas, adalah kapal perang pertama di dunia di bidangnya.

“UCAV Turki Bayraktar TB3 dan drone Kizilelma serta pesawat serang ringan Hurjet dapat mendarat dan lepas landas dari kapal,” kata Erdogan, seperti dikutip dari Anadolu Agency.

“Turki akan dapat melakukan operasi militer dan kemanusiaan di seluruh dunia berkat kapal tersebut, yang juga dapat membawa kendaraan lapis baja,” lanjutnya.

Menurutnya, senjata kapal, manajemen tempur, peperangan elektronik, pencarian dan lacak inframerah, pencarian elektrooptik, peringatan laser, sistem pertahanan torpedo, dan radar dikembangkan secara mandiri.



“Sebanyak 131 sub-kontraktor bergabung dalam proses pembangunan kapal,” kata Erdogan. Ia menambahkan bahwa kapal itu dapat membawa satu batalion ke wilayah krisis mana pun di Laut Aegea, Mediterania, dan Laut Hitam.

Kapal ini juga memiliki fasilitas rumah sakit lengkap dan dua ruang operasi. Menurut Erdogan, Turki akan menjadi negara pengubah permainan dengan mengembangkan sistem dan produk canggih.

Erdogan mengatakan ada juga upacara pemotongan baja untuk tiga kapal perang MILGEM baru pada Senin, yang akan dibangun dalam waktu 36 bulan. “Sistem dan sensor senjata akan diproduksi sendiri untuk kapal,” katanya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1271 seconds (0.1#10.140)