China Simulasikan Serangan ke Taiwan dari Kapal Induk

Senin, 10 April 2023 - 12:53 WIB
loading...
China Simulasikan Serangan ke Taiwan dari Kapal Induk
China simulasikan serangan terhadap Taiwan dari kapal induk. Foto/via Global Times
A A A
TAIPEI - Militer China sedang mempraktikkan serangan terhadap Taiwan dari arah timur yang diluncurkan dari kapal induk, Senin (10/4/2023).

Itu disampaikan Kementerian Pertahanan Taiwan dalam keterangan tertulisnya. Simulasi serangan China ini berlangsung ketika latihan militer di dekat pulau yang memerintah sendiri itu memasuki hari ketiga.

Kementerian itu tidak memberikan posisi kapal Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China yang terdeteksi, tetapi peta pendeteksian pesawat PLA pada Sabtu pekan lalu menunjukkan empat jet tempur J-15 diluncurkan dari timur Taiwan, di Pasifik barat.

Jet-jet tempur J-15 belum pernah terlihat di dalam zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ) Taiwan sebelumnya, dan diketahui diluncurkan dari dua kapal induk PLA, termasuk Shandong yang telah dilacak oleh Taiwan dan Jepang berlayar melewati Taiwan ke perairan selatan dan timurnya akhir pekan lalu.



Pada hari Senin Jepang mengonfirmasi militernya telah merespons latihan militer China, mengirim jet-jet tempur sebagai tanggapan atas peluncuran pesawat tempur PLA.

Pada hari Sabtu, Beijing meluncurkan latihan militer tiga hari yang menargetkan Taiwan sebagai tanggapan atas pertemuan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen dengan ketua DPR AS Kevin McCarthy di Los Angeles pada pekan lalu.

Latihan itu tidak sesuai dengan skala yang diluncurkan sebagai pembalasan atas kunjungan pendahulu McCarthy, Nancy Pelosi, ke Taipei—yang mencakup peluncuran rudal.

Kendati demikian, menurut pengamat, manuver kali ini menunjukkan peningkatan dalam pelatihan militer China untuk menyerang Taiwan.

Dalam 24 jam hingga pukul 06.00 pagi hari Senin, Kementerian Pertahanan Taiwan mendeteksi 70 pesawat PLA dan 11 kapal di dalam ADIZ-nya.

ADIZ adalah area besar yang dipantau untuk tujuan pertahanan, dan aset PLA tidak memasuki wilayah Taiwan yang berdaulat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0983 seconds (0.1#10.140)