Dokumen Rahasia AS: Ukraina Kehabisan Rudal S-300 Mei Nanti

Senin, 10 April 2023 - 10:40 WIB
loading...
A A A
Pada saat itu, menurut peta dalam presentasi lain yang diklaim Pentagon, juga dari 28 Februari, sebagian besar infrastruktur nasional kritis Ukraina di luar wilayah Kiev dan dua wilayah lain di barat daya Ukraina tidak akan lagi memiliki perlindungan pertahanan udara. Jumlah situs kritis yang tidak terlindungi, menurut dokumen itu, akan melonjak dari enam menjadi lebih dari 40.

Rusia telah menembakkan beberapa ratus rudal jelajah dan meluncurkan ratusan drone Shahed buatan Iran sejak Oktober dalam upaya untuk menghancurkan sistem kelistrikan Ukraina dan untuk memaksa krisis kemanusiaan selama musim dingin. Sementara upaya itu telah gagal, dengan pemadaman bergilir tidak lagi terjadi dan Ukraina bahkan melanjutkan ekspor listrik ke Uni Eropa, rentetan serangan Moskow tersebut telah sangat menguras persediaan amunisi pertahanan udara Ukraina.

Sementara AS, Norwegia, Kanada, dan Jerman telah memberi Ukraina dua sistem NASAMS dan satu baterai pertahanan udara Iris-T dalam beberapa bulan terakhir, sistem tersebut juga akan kehabisan amunisi pada bulan Mei, menurut dokumen rahasia Pentagon.

Dokumen itu mengatakan baterai S-300 Ukraina menguras sekitar 200 rudal sebulan, sementara baterai Buk menembakkan sekitar 69 rudal sebulan. NASAMS dan Iris-T, secara gabungan, menembakkan 64 rudal sebulan.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1363 seconds (0.1#10.140)