Rusia Dicurigai Menyabotase Jet Tempur Slovakia

Sabtu, 08 April 2023 - 03:45 WIB
loading...
Rusia Dicurigai Menyabotase Jet Tempur Slovakia
Rusia dicurigai telah menyabotase jet tempur MiG-29 Slovakia. Jet tempur itu kini diberikan kepada Ukraina. Foto/REUTERS
A A A
SLIAC - Teknisi Rusia kemungkinan sengaja menyabotase operasi jet tempur MiG-29 buatan Soviet milik tentara Slovakia.

Kecurigaan itu disampaikan Menteri Pertahanan Slovakia Jaroslav Nad.

Pesawat tempur MiG-29 adalah pesawat bermesin ganda buatan Soviet yang merupakan bagian dari tentara Slovakia sebagai warisan perpecahan Ceko-Slovakia pada tahun 1993.

Baru-baru ini, jet tempur itu telah diberikan kepada Ukraina, dan tentara Slovakia tidak menggunakannya lagi sejak Agustus 2022.



“Mereka bisa terbang, tapi bukan berarti mereka juga mampu bertempur. Orang-orang Ukraina datang ke Slovakia seminggu sebelum keberangkatan mereka, membawa suku cadang dan memeriksa pesawat,” kata Nad setelah kubu oposisi yang dipimpin oleh Partai Smer-SD pimpinan mantan Perdana Menteri Robert Fico mengkritik keras pemerintah karena menyerahkan pesawat yang berharga kepada Kiev.

"Kesalahan mungkin sengaja disebabkan oleh teknisi Rusia, yang hadir di pangkalan udara Sliac di Slovakia hingga tahun lalu," ujar Nad.

“Bahkan polisi sedang menyelidikinya, berdasarkan kecurigaan kami. Ada bagian di mesin pesawat yang diakses oleh teknisi Slovakia, dan kemudian ada bagian yang hanya diakses oleh teknisi Rusia. Cacat hanya muncul di bagian yang diakses oleh orang Rusia,” papar Nad, seperti dikutip dari Euractiv, Sabtu (8/4/2023).

Sementara penyelidikan belum membuktikan kecurigaan, Kementerian Pertahanan merasa kehilangan kepercayaan pada teknisi Rusia di Sliac. "Karena kesalahan terus muncul di tempat yang hanya bisa mereka lakukan,” imbuh Nad.

Letnan Jenderal LubomĂ­r Svoboda, mantan pilot berpangkat tertinggi Slovakia, menuduh Rusia sengaja merusak jet tempur MiG-29 tersebut.

“Kami mengambil alih mesin dari mereka yang seharusnya bertahan 350 jam. Dan pada akhirnya, hanya terbang 70 jam. Apa yang bisa kita dapatkan dari itu? Mungkin ada pengerjaan yang buruk, sebut saja begitu. Saya tidak tahu,” katanya dalam sebuah wawancara untuk Denník N.

Kedutaan Besar Rusia di Slovakia mengatakan pengiriman jet tempur Slovakia ke Ukraina telah menyebabkan eskalasi konflik yang tidak dapat diprediksi dan berbahaya, yang akan dimintai pertanggungjawaban oleh pemrakarsa keputusan yang diambil.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0975 seconds (0.1#10.140)