Pengadilan Swedia Bolehkan Al-Qur'an Dibakar, Turki Membandingkannya dengan Nazi

Kamis, 06 April 2023 - 16:03 WIB
loading...
A A A
Poin itu ditegaskan kembali oleh Cavusoglu, yang menekankan "langkah-langkah tambahan tertentu" yang harus dilakukan Swedia untuk bergabung dengan NATO.

Cavusoglu menyambut baik undang-undang anti-teror yang diperketat yang seharusnya mulai berlaku di Swedia bulan Juni ini, namun menekankan bahwa kerja sama yang berorientasi pada hasil adalah suatu keharusan.

"Swedia perlu mengambil langkah konkret dalam hal interogasi dan investigasi terhadap orang-orang yang ekstradisinya kami tuntut tanpa syarat," kata Cavusoglu, yang dilansir Sputnik, Kamis (6/4/2023).

Pada awal 2023, negosiasi antara kedua negara dihentikan setelah serangkaian tindakan provokatif, yang melibatkan pembakaran Al-Qur'an dan tiruan patung Erdogan yang digantung, keduanya dipentaskan di Stockholm.

Pembakaran salinan kitab suci Islam di luar Kedutaan Turki di Stockholm oleh politisi Denmark-Swedia Rasmus Paludan menyebabkan kehebohan di seluruh dunia Muslim, memicu protes selama berminggu-minggu dan seruan untuk memboikot barang-barang Swedia.

Para pejabat Turki menjawab bahwa mereka tidak akan meratifikasi aplikasi NATO Swedia selama pembakaran Al-Qur'an diizinkan.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1511 seconds (0.1#10.140)