4 Tank yang Diterima Ukraina dari Eropa, Ada Leopard hingga AMX-10RC

Rabu, 05 April 2023 - 13:30 WIB
loading...
4 Tank yang Diterima Ukraina dari Eropa, Ada Leopard hingga AMX-10RC
4 Tank yang Diterima Ukraina dari Eropa, Ada Leopard hingga AMX-10RC. FOTO/Reuters
A A A
JAKARTA - Ukraina telah banyak mendapat sokongan persenjataan dari Eropa, mulai dari amunisi, artileri, hingga kendaraan tempur . Salah satu kendaraan tempur yang telah banyak dikirimkan ke Ukraina adalah tank .

Terdapat sekitar 68 tank tempur dari Eropa menurut perhitungan Army Recognition. Pengiriman tank ini akan terus berlanjut hingga angka yang dijanjikan, yakni sejumlah 282 tank. Diharapkan bantuan kendaraan lapis baja ini dapat memberi bantuan besar untuk bertahan dari serangan-serangan Rusia.


4 Tank yang Diterima Ukraina dari Eropa


Terdapat empat jenis tank yang diterima Ukraina dari negara-negara Eropa, mulai dari Leopard hingga AMX-10RC.

1. Leopard 2A6 - Jerman


Menurut BBC, pengiriman pertama tank Leopard 2 dari Jerman ini terjadi pada 28 Maret 2023. Datangnya tank tersebut ini dibarengi dengan pengiriman beberapa kendaraan lapis baja dan tank pembersih ranjau.

Leopard menjadi salah satu tank unggulan bersama Abrams dari AS, lantaran telah dibekali dengan sistem perlindungan, persenjataan, dan komunikasi yang canggih.

2. Challenger 2 - Inggris


Tank Challenger 2 dari Inggris juga turut hadir pada Maret 2023 kemarin. Perjanjian pengiriman kendaraan tempur ini sendiri telah disetujui sejak 14 Januari 2023, oleh Perdana Menteri London.

Tank Challenger 2 merupakan alutsista Inggris yang dikembangkan BAE Land System. Tank ini berperan sebagai tank tempur utama milik Angkatan Darat Inggris sejak tahun 1994.


3. Leopard 2A4 - Polandia


Selain Jernam, Polandia juga turut memberikan tank Leopard yang dimilikinya. Dilansir dari Reuters, Warsawa telah mengirimkan empat tank Leopard pertamanya pada 24 Februari 2023.

Saat ini jumlah tank Leopard 2A4 yang telah dikirim Polandia diperkirakan mencapai 14 buah. Tank Leopard memang telah menjadi kendaraan tempur terbaik ciptaan NATO, tak heran bila banyak negara yang menginginkan dan memilikinya.

4. AMX-10RC - Prancis


Menteri Angkatan Bersenjata Prancis Sebastien Lecornu mengonfirmasi bahwa kendaraan lapis baja AMX-10 RC pertama, umumnya dikenal sebagai tank beroda, telah tiba di Ukraina pada 15 Maret 2023.

Kendaraan ini telah dijanjikan sejak Januari lalu. AMX-10 RC adalah kendaraan lapis baja beroda buatan Giat, biasanya digunakan untuk pengintaian dan dukungan tembakan yang dipersenjatai dengan meriam 105mm.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1838 seconds (0.1#10.140)