Pasukan AS Klaim Tewaskan Pemimpin ISIS di Suriah

Rabu, 05 April 2023 - 08:03 WIB
loading...
Pasukan AS Klaim Tewaskan Pemimpin ISIS di Suriah
Pasukan AS Klaim Tewaskan Pemimpin ISIS di Suriah. FOTO/Reuters
A A A
DAMASKUS - Amerika Serikat (AS) melakukan operasi militer yang menewaskan seorang pemimpin senior Daesh ( ISIS ) di Suriah pada awal pekan ini. Komando Pusat AS (CENTCOM) mengungkapkan hal itu pada Selasa (4/4/2023).

Ini menjadi pukulan terbaru bagi kelompok yang pernah menimbulkan ketakutan di Timur Tengah tersebut. “Khalid 'Aydd Ahmad Al-Jabouri bertanggung jawab atas perencanaan serangan Daesh di Eropa dan mengembangkan struktur kepemimpinan untuk kelompok tersebut,” sebut pernyataan CENTCOM, seperti dikutip dari Reuters.



Daesh menguasai sebagian wilayah Irak dan Suriah pada puncak kekuasaannya pada 2014, sebelum dipukul mundur di kedua negara. Kelompok tersebut diperkirakan memiliki 5.000 hingga 7.000 anggota dan pendukung tersebar antara Suriah dan Irak, kira-kira setengah dari mereka adalah pejuang, kata sebuah laporan PBB pada Februari.

“Tidak ada warga sipil yang tewas atau terluka dalam serangan ini,” kata CENTCOM. Dilaporkan pula bahwa kelompok tersebut terus menjadi ancaman bagi wilayah tersebut dan sekitarnya.

“Meskipun terdegradasi, kelompok tersebut tetap dapat melakukan operasi di kawasan dengan keinginan untuk menyerang di luar Timur Tengah,” kata pernyataan tersebut.

Ia menambahkan bahwa kematian Al-Jabouri akan “sementara mengganggu kemampuan kelompok tersebut untuk merencanakan serangan eksternal.”



Laporan PBB mengatakan ancaman yang ditimbulkan oleh Daesh dan afiliasinya terhadap perdamaian dan keamanan internasional tinggi pada paruh kedua tahun 2022 dan telah meningkat di dalam dan sekitar zona konflik di mana ia hadir.

Akhir tahun lalu, ISIS mengumumkan telah menunjuk sosok yang sebelumnya tidak dikenal - Abu Al-Hussein Al-Husseini Al-Quraishi - sebagai pemimpinnya setelah pemimpin sebelumnya terbunuh di Suriah selatan.

Pekan lalu, kantor berita Tass mengatakan Rusia telah memprotes koalisi pimpinan Amerika terhadap kelompok Daesh tentang "tindakan provokatif" oleh angkatan bersenjata AS di Suriah.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1215 seconds (0.1#10.140)