Badai Ekstrem Landa Sejumlah Negara Bagian AS, 21 Tewas

Minggu, 02 April 2023 - 07:35 WIB
loading...
Badai Ekstrem Landa Sejumlah Negara Bagian AS, 21 Tewas
Sedikitnya 21 orang tewas setelah serangkaian tornado menghantam bagian Selatan dan Barat Tengah Amerika Serikat (AS). Foto/WNCT
A A A
WASHINGTON - Sedikitnya 21 orang tewas setelah serangkaian tornado menghantam bagian Selatan dan Barat Tengah Amerika Serikat (AS). Rumah-rumah hancur dan ribuan orang kehilangan listrik setelah tornado menyebabkan kehancuran di beberapa negara bagian.

Di Arkansas sejumlah kendaraan terbalik, pohon tumbang dan kabel listrik dirobohkan. Lima orang dilaporkan tewas di sana serta tujuh di Tennessee, empat di Illinois dan tiga di Indiana. Alabama dan Mississippi juga memiliki korban jiwa.

Salah satu penduduk ibu kota negara bagian Arkansas, Little Rock - tempat terjadinya tornado besar - mengatakan kepada Washington Post bahwa dia merasa benar-benar tidak percaya.

"Saya telah tinggal di wilayah ini sejak tahun 1985. Saya mengenal seluruh wilayah dengan cukup baik. Tidak dapat mengenali tempat-tempat terkenal hanya membuat saya terkejut. Saya melihat bangunan penyimpanan terletak tiga mil di jalan dari tempat yang seharusnya," katanya seperti dikutip dari BBC, Minggu (2/4/2023).

Satu orang meninggal di Little Rock, bersama empat orang lainnya di kota kecil Wynne.

"Saya sedih kota saya sangat terpukul," kata Heidi Jenkins, seorang pemilik salon di Wynne, kepada kantor berita AP.



"Sekolah kami hilang, gereja saya hilang. Saya sedih untuk semua orang yang kehilangan rumah," imbuhnya.

Gubernur Sarah Huckabee Sanders mengumumkan keadaan darurat di negara bagian Arkansas pada hari Jumat waktu setempat, dengan garda nasional diaktifkan untuk membantu upaya pemulihan.

Dia mengatakan telah berbicara dengan Presiden Joe Biden tentang situasi tersebut, yang menjanjikan bantuan federal.

Dinas Cuaca Nasional mengatakan peringatan cuaca ekstrem, termasuk kemungkinan badai petir dan angin kencang, ditetapkan untuk tetap diberlakukan pada Sabtu di sepertiga bagian timur negara itu. Angin kencang dan hujan es juga diperkirakan bakal terjadi.

Sebanyak lebih dari 60 tornado dilaporkan di sejumlah negara bagian pada hari Jumat dan Sabtu oleh Pusat Prediksi Badai pemerintah AS.

Menurut situs web US PowerOutage, lebih dari 590 ribu orang tanpa listrik di beberapa negara bagian di negara itu, dengan Ohio dan Pennsylvania menjadi yang paling parah terkena dampaknya.

Tennessee - di mana lebih dari 105 ribu orang hidup tanpa listrik - mengalami badai paling mematikan, dengan tujuh kematian di daerah McNairy, dekat perbatasan dengan Mississippi, kata para pejabat pada hari Sabtu waktu setempat.



"Kerusakan dan kerugian yang diderita wilayah kami tadi malam merupakan bencana besar," tulis departemen kepolisian kota Adamsville dalam sebuah pernyataan di Facebook.

Badai pada Jumat lalu juga menyebabkan runtuhnya atap teater di pertunjukan heavy metal di Belvidere, negara bagian Illinois, yang menyebabkan satu kematian dan 28 orang terluka.

Pada hari Sabtu, para pejabat mengumumkan tiga kematian lagi di daerah Crawford, Illinois.

Tornado mematikan itu terjadi seminggu setelah angin puting beliung yang jarang terjadi menewaskan 26 orang di Mississippi. Presiden Biden mengunjungi negara bagian itu pada hari Jumat untuk menyampaikan belasungkawa.

Dalam sebuah buletin, Pusat Prediksi Badai memperingatkan beberapa tornado yang diproyeksikan dapat melintasi daratan jarak jauh.

Tornado Mississippi minggu lalu menempuh jarak 94 km dan berlangsung sekitar satu jam 10 menit, periode waktu yang sangat lama untuk sebuah badai. Para pejabat mengatakan badai itu merusak sekitar 2.000 rumah.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1290 seconds (0.1#10.140)