Badai Ekstrem Landa Sejumlah Negara Bagian AS, 21 Tewas

Minggu, 02 April 2023 - 07:35 WIB
loading...
Badai Ekstrem Landa Sejumlah Negara Bagian AS, 21 Tewas
Sedikitnya 21 orang tewas setelah serangkaian tornado menghantam bagian Selatan dan Barat Tengah Amerika Serikat (AS). Foto/WNCT
A A A
WASHINGTON - Sedikitnya 21 orang tewas setelah serangkaian tornado menghantam bagian Selatan dan Barat Tengah Amerika Serikat (AS). Rumah-rumah hancur dan ribuan orang kehilangan listrik setelah tornado menyebabkan kehancuran di beberapa negara bagian.

Di Arkansas sejumlah kendaraan terbalik, pohon tumbang dan kabel listrik dirobohkan. Lima orang dilaporkan tewas di sana serta tujuh di Tennessee, empat di Illinois dan tiga di Indiana. Alabama dan Mississippi juga memiliki korban jiwa.

Salah satu penduduk ibu kota negara bagian Arkansas, Little Rock - tempat terjadinya tornado besar - mengatakan kepada Washington Post bahwa dia merasa benar-benar tidak percaya.

"Saya telah tinggal di wilayah ini sejak tahun 1985. Saya mengenal seluruh wilayah dengan cukup baik. Tidak dapat mengenali tempat-tempat terkenal hanya membuat saya terkejut. Saya melihat bangunan penyimpanan terletak tiga mil di jalan dari tempat yang seharusnya," katanya seperti dikutip dari BBC, Minggu (2/4/2023).

Satu orang meninggal di Little Rock, bersama empat orang lainnya di kota kecil Wynne.

"Saya sedih kota saya sangat terpukul," kata Heidi Jenkins, seorang pemilik salon di Wynne, kepada kantor berita AP.



"Sekolah kami hilang, gereja saya hilang. Saya sedih untuk semua orang yang kehilangan rumah," imbuhnya.

Gubernur Sarah Huckabee Sanders mengumumkan keadaan darurat di negara bagian Arkansas pada hari Jumat waktu setempat, dengan garda nasional diaktifkan untuk membantu upaya pemulihan.

Dia mengatakan telah berbicara dengan Presiden Joe Biden tentang situasi tersebut, yang menjanjikan bantuan federal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1800 seconds (0.1#10.140)