PM Inggris Rishi Sunak Hamburkan Uang Pajak Rp9,3 Miliar Hanya untuk Jet Pribadi

Minggu, 02 April 2023 - 03:01 WIB
loading...
PM Inggris Rishi Sunak Hamburkan Uang Pajak Rp9,3 Miliar Hanya untuk Jet Pribadi
Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak naik pesawat untuk melakukan perjalanan ke pertemuan G20 di Bali di bandara Stanstead, London, Inggris, 13 November 2022. Foto/Leon Neal/REUTERS
A A A
LONDON - Oposisi Inggris dengan cepat mengecam Perdana Menteri (PM) Inggris Rishi Sunak yang dituding munafik tentang ekonomi hijau untuk semua orang.

PM Inggris itu menggunakan jet pribadi yang menghabiskan banyak uang pembayar pajak untuk perjalanan udaranya yang mewah. Menurut oposisi, jet pribadi yang disewa Sunak mengeluarkan emisi yang meracuni atmosfer.

Oposisi menuding Sunak merasa nyaman menghabiskan banyak uang untuk perjalanan jet pribadi, menurut data pemerintah.

Tahun lalu penerbangannya menghabiskan biaya sebesar 500.000 poundsterling (Rp9,3 miliar). Pada bulan November, dia mengunjungi Mesir (108.000 poundsterling) untuk berpartisipasi dalam Konferensi Perubahan Iklim PBB.



Seminggu kemudian, dia menuju ke Bali, Indonesia, menghabiskan 340.000 poundsterling untuk KTT G20, dan pada bulan Desember dia terbang ke Negara Baltik untuk berbicara di KTT JEF (62.000 poundsterling).

Saat Sunak terlibat dalam tamasya dan berbicara tentang membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik untuk hidup dengan mengorbankan pembayar pajak, warga Inggris sedang berjuang keras dengan krisis biaya hidup yang meningkat.

Pada bulan Februari, inflasi makanan di Inggris mencapai rekor tertinggi 17,1% dan jumlah orang Inggris yang beralih ke bank makanan meroket.

Inggris lumpuh dengan pemogokan, dan bahkan dokter melakukan pemogokan. Tak hanya itu, ada informasi bahwa di Wales, orang-orang dipaksa makan makanan hewan peliharaan, meski ini belum menjadi praktik yang meluas.

Meskipun warganya berjuang menyatukan pikiran dan tubuh mereka untuk menghadapi krisis ekonomi, pemerintah Inggris menyuntikkan sejumlah besar uang ke dalam proyek kebijakan luar negeri berupa bantuan untuk rezim Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

Pada tahun 2022 saja, London mengucurkan sekitar USD2,7 miliar dalam upaya sia-sia untuk menopang tentara Ukraina.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1292 seconds (0.1#10.140)