Biden Bilang Tidak Ada Undangan ke Gedung Putih, Netanyahu Beri Jawaban Menohok

Rabu, 29 Maret 2023 - 09:50 WIB
loading...
Biden Bilang Tidak Ada Undangan ke Gedung Putih, Netanyahu Beri Jawaban Menohok
Presiden AS Joe Biden dan Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu. Foto/Politico
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengatakan bahwa Israel tidak dapat melanjutkan jalurnya saat ini. Ia menambahkan bahwa tidak berencana untuk mengundang Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu ke Gedung Putih dalam waktu dekat.

Berbicara kepada wartawan, Biden ditanya apakah dia yakin Israel berada pada titik perubahan setelah protes anti-pemerintah nasional dalam menghadapi upaya Netanyahu untuk mendorong undang-undang reformasi peradilan.

"Yah, saya tidak tahu bahwa mereka berada pada titik infeksi, tapi saya pikir ini adalah tempat yang sulit, dan mereka harus mencari tahu," kata Biden.



"Saya harap dia (Netanyahu) meninggalkannya," Presiden AS itu menambahkan seperti dikutip dari Al Arabiya, Rabu (29/3/2023).

Sebelumnya, Biden ditanya apakah dia akan mengundang perdana menteri Israel ke Washington.

"Tidak. Bukan dalam waktu dekat,” jawabnya.

Netanyahu pun bereaksi dengan menyerang balik dalam sebuah postingan pada larut malam di Twitter. Laporan menunjukkan bahwa tekanan AS akhirnya menyebabkan Netanyahu mundur dari rencana reformasi peradilannya, yang didukung oleh pemerintah paling kanan dalam sejarah Israel.



“Aliansi antara Israel dan Amerika Serikat tidak dapat dipatahkan dan selalu mengatasi ketidaksepakatan yang terjadi sesekali di antara kami,” kata Netanyahu dalam postingannya.

Menolak narasi bahwa dia merongrong demokrasi, politisi veteran Israel itu mengatakan pemerintahannya berkomitmen untuk memperkuat demokrasi dengan memulihkan keseimbangan yang tepat antara tiga cabang pemerintahan.

“Israel adalah negara berdaulat yang membuat keputusannya atas kehendak rakyatnya dan bukan berdasarkan tekanan dari luar negeri, termasuk dari sahabat terbaik,” pungkasnya, yang tampaknya menjadi tanda memburuknya hubungan antara AS dan Israel.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1908 seconds (0.1#10.140)