Negeri Gonjang-ganjing, Presiden Israel Desak Netanyahu Setop Perubahan Peradilan

Senin, 27 Maret 2023 - 18:06 WIB
loading...
Negeri Gonjang-ganjing, Presiden Israel Desak Netanyahu Setop Perubahan Peradilan
Demonstran terus turun ke jalanan menentang reformasi peradilan di Tel Aviv, Israel. Foto/REUTERS
A A A
TEL AVIV - Presiden Israel Isaac Herzog mendesak pemerintah pada Minggu malam (26/3/2023) untuk menghentikan perombakan peradilan yang memecah belah negara itu.

Rencana reformasi yudisial itu telah memicu protes berbulan-bulan di seluruh negeri.

Komentar presiden muncul beberapa jam setelah Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu memecat menteri pertahanannya, Yoav Gallant, yang berbicara menentang reformasi yang diusulkan.

Langkah tersebut menambah bahan bakar pada demonstrasi nasional, yang dihadiri lebih dari 600.000 orang pada Sabtu (25/3/2023), menurut laporan media lokal.



Selama protes terbaru, para demonstran memblokir jalan raya Ayalon di Tel Aviv, sambil menyalakan api unggun dan meneriakkan “demokrasi”. Polisi menggunakan meriam air untuk membubarkan massa.

Bentrokan juga meletus di Yerusalem ketika para aktivis menerobos penghalang dan bentrok lawan polisi di luar kediaman pribadi Netanyahu.

Saat protes semakin intensif, Herzog turun ke Twitter, berbicara kepada Netanyahu dan koalisi pemerintahan. “Demi persatuan rakyat Israel, demi tanggung jawab, saya menyerukan kepada Anda untuk segera menghentikan legislasi,” tulis dia.



Presiden menambahkan protes tersebut mengancam keamanan, ekonomi, dan masyarakat Israel.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1255 seconds (0.1#10.140)