Akui Satu China, Hoduras Putuskan Hubungan Diplomatik dengan Taiwan

Minggu, 26 Maret 2023 - 10:21 WIB
loading...
Akui Satu China, Hoduras Putuskan Hubungan Diplomatik dengan Taiwan
Akui satu China, Honduras putuskan hubungan diplomatik dengan Taiwan. Foto/Reuters
A A A
TEGUCIGALPA - Honduras telah memutuskan hubungan diplomatiknya dengan Taiwan . Negara Amerika Latin itumengumumkannya pada Sabtu waktu setempat, dengan mengatakan pihaknya mengakui "hanya satu China di dunia."

Pengumuman oleh Kementerian Luar Negeri Honduras yang diposting di Twitter, dan juga dilaporkan oleh stasiun televisi China, CCTV, muncul di tengah meningkatnya ketegangan antara Beijing dan Washington, termasuk meningkatnya ketegasan China terhadap Taiwan yang memiliki pemerintahan sendiri. Langkah itu membuat Taiwan hanya diakui oleh 13 negara berdaulat.

"Pemerintah Republik Honduras mengakui keberadaan hanya satu China di dunia dan bahwa pemerintah Republik Rakyat China adalah satu-satunya pemerintah sah yang mewakili seluruh China," bunyi pernyataan kementerian tersebut.



“Taiwan adalah bagian yang tidak dapat dicabut dari wilayah China, dan mulai hari ini, pemerintah Honduras telah memberi tahu Taiwan tentang pemutusan hubungan diplomatik, berjanji untuk tidak memiliki hubungan resmi atau kontak dengan Taiwan,” sambung pernyataan itu seperti dikutip dari The Associated Press, Minggu (26/3/2023).

Honduras adalah sekutu diplomatik kesembilan yang memutuskan hubungan diplomatik dengan Taiwan dan beralih mengakui ke China sejak Presiden pro-kemerdekaan Tsai Ing-wen pertama kali menjabat pada Mei 2016.

China dan Taiwan telah terkunci dalam pertempuran untuk mendapatkan pengakuan diplomatik sejak kedua belah pihak berpisah di tengah perang saudara pada tahun 1949, dengan Beijing menghabiskan miliaran untuk memenangkan pengakuan atas kebijakan "Satu China".



China mengklaim Taiwan adalah bagian dari wilayahnya, untuk dikendalikan dengan paksa jika perlu. Beijing menolak melakukan kontak dengan negara yang mempertahankan hubungan formal dengan pulau demokrasi itu. Negara itu mengancam pembalasan terhadap negara-negara hanya untuk meningkatkan kontak.

Taiwan saat ini masih memiliki hubungan dengan Belize, Paraguay dan Guatemala di Amerika Latin, dan Kota Vatikan. Sebagian besar mitranya yang tersisa adalah negara kepulauan di Karibia dan Pasifik Selatan, bersama dengan Eswatini di Afrika bagian selatan.

Terlepas dari kampanye isolasi China, Taiwan mempertahankan hubungan informal yang kuat dengan lebih dari 100 negara lain, terutama Amerika Serikat (AS). AS tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Taiwan tetapi menyatakan bahwa Taipei adalah mitra penting di Indo-Pasifik.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2118 seconds (0.1#10.140)