Bakal Bikin Kejutan Lewat Serangan Balik, Zelensky: Ukraina Tidak Siap untuk Menyerang

Sabtu, 25 Maret 2023 - 20:45 WIB
loading...
Bakal Bikin Kejutan Lewat Serangan Balik, Zelensky: Ukraina Tidak Siap untuk Menyerang
Presiden Volodymyr Zelenksy mengatakan Ukraina belum mengumpulkan sumber daya yang cukup untuk meluncurkan serangan. Foto/Ilustrasi
A A A
KIEV - Presiden Volodymyr Zelenksy mengatakan Ukraina belum mengumpulkan sumber daya yang cukup untuk meluncurkan serangan. Pernyataan Zelensky ini seolah berbanding terbalik dengan apa yang dikatakan oleh pensihat Amerika Serikat (AS) untuk Kiev.

Dalam sebuah wawancara yang dirilis pada hari Sabtu (25/3/2023) oleh surat kabar Jepang Yomiuri, Zelensky mengatakan bahwa situasi di garis depan tidak baik. Ia menjelaskan bahwa Ukraina kekurangan amunisi yang cukup untuk operasi yang sukses.

“Kita belum bisa memulainya. Tanpa tank, artileri, dan (peluncur roket yang dipasok AS) HIMARS, kami tidak dapat mengirim tentara pemberani kami ke garis depan,” kata Presiden Ukraina itu terkait masalah ofensif.

“Kami sedang menunggu amunisi datang dari mitra kami,” tambahnya, mengklaim bahwa pasukan Rusia telah menembakkan peluru tiga kali lebih banyak daripada pihak Ukraina seperti dilansir dari RT.



Sehubungan dengan hal ini, dia mengulangi seruannya kepada Barat yang mendukung Kiev untuk mengirim lebih banyak senjata dan mendesak mereka untuk menandatangani pengiriman jet tempur.

Mengomentari potensi dialog dengan Rusia, Zelensky bersikeras bahwa sama sekali tidak ada syarat yang dibuat untuk ini, menunjukkan bahwa pasukan Rusia harus meninggalkan wilayah yang diklaim Ukraina sebagai miliknya terlebih dahulu.

Moskow telah berulang kali mengatakan bahwa pihaknya terbuka untuk melakukan pembicaraan dengan Kiev dengan syarat mengakui kenyataan di lapangan, mengacu pada status baru empat bekas wilayah Ukraina sebagai bagian dari Rusia.

Spekulasi tentang serangan balik Ukraina pada musim semi yang akan segera terjadi telah berputar-putar di media Barat selama beberapa minggu sekarang. Pekan lalu, Politico melaporkan bahwa AS memperkirakan Kiev akan memulai serangan pada bulan Mei, dengan pasukan Ukraina berusaha masuk ke Crimea baik dengan menyeberangi Sungai Dnieper – yang dianggap pilihan yang tidak mungkin – atau bergerak keluar dari posisi mereka di utara.

Sementara itu Penasihat Amerika Serikat (AS) untuk jenderal tinggi Kiev Dan Rice mengungkapkan bahwa militer Ukraina siap melancarkan serangan besar-besaran terhadap pasukan Rusia dalam beberapa pekan mendatang, yang akan mengejutkan komunitas global.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1902 seconds (0.1#10.140)