Demonstran Prancis Bentrok dengan Aparat Keamanan, 150 Polisi Terluka

Jum'at, 24 Maret 2023 - 07:45 WIB
loading...
Demonstran Prancis Bentrok dengan Aparat Keamanan, 150 Polisi Terluka
Demonstran Prancis Bentrok dengan Aparat Keamanan, 150 Polisi Terluka. FOTO/Reuters
A A A
PARIS - Para pengunjuk rasa bentrok dengan pasukan keamanan Prancis pada Kamis (23/3/2023). Ini merupakan aksi kekerasan paling serius dari pemberontakan tiga bulan melawan reformasi pensiun Presiden Emmanuel Macron yang sangat kontroversial.

Seperti dilaporkan AFP, hampir 150 polisi terluka dan puluhan pengunjuk rasa ditangkap di seluruh negeri. Aksi protes sehari berubah menjadi kekacauan di beberapa kota, termasuk Paris, tempat pengunjuk rasa menyalakan api di pusat bersejarah kota.



Keributan atas penerapan reformasi—yang dipilih pemerintah untuk didorong tanpa pemungutan suara parlemen—telah berubah menjadi krisis domestik terbesar dari masa jabatan kedua Macron.

Jumlah demonstran di Paris dan kota-kota lain lebih tinggi daripada hari-hari protes sebelumnya, mengingat momentum baru penolakan Macron dalam wawancara TV Rabu untuk mundur dari reformasi.

Polisi dan pengunjuk rasa kembali bentrok di jalan-jalan ibu kota selama demonstrasi besar, pasukan keamanan menembakkan gas air mata dan menyerang massa dengan pentungan.

Beberapa pengunjuk rasa menyalakan api di jalan, membakar palet dan tumpukan sampah yang tidak dikumpulkan, mendorong petugas pemadam kebakaran untuk turun tangan, kata koresponden AFP.



Menteri Dalam Negeri Gerald Darmanin mengatakan bahwa di seluruh Prancis, 149 anggota pasukan keamanan telah terluka dan sedikitnya 172 orang ditangkap, termasuk 72 orang di Paris.

“Sekitar 140 kebakaran terjadi di Paris,” kata Darmanin. Ia menyalahkan "preman" atas kekerasan tersebut, yang datang ke Paris "untuk menyerang polisi dan gedung-gedung publik."
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1684 seconds (0.1#10.140)