PM Kishida Kunjugi Ukraina, 2 Pesawat Pembom Rusia Dekati Jepang

Selasa, 21 Maret 2023 - 23:50 WIB
loading...
PM Kishida Kunjugi Ukraina, 2 Pesawat Pembom Rusia Dekati Jepang
Dua pesawat pembom Rusia, Tupolev Tu-95MS, dekati Jepang saat PM Fumio Kishida berkunjung ke Ukraina. Foto/TASS
A A A
MOSKOW - Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan dua pesawat pembom strategis negara itu terbang di atas Laut Jepang selama lebih dari tujuh jam. Pernyataan itu dirilis saat Perdana Menteri (PM) Jepang, Fumio Kishida, memulai kunjungan ke Ukraina.

Rusia mengatakan dua pesawat pengebom strategis, Tupolev Tu-95MS, melakukan "penerbangan terencana", dikawal oleh pesawat tempur.

"(Penerbangan ) itu dilakukan dengan kepatuhan ketat terhadap hukum internasional dan dilakukan di perairan netral," kata Kementerian Pertahanan Rusia seperti dilansir dari Channel News Asia, Selasa (21/3/2023).



Dua pesawat pembom strategis Rusia itu mampu membawa senjata nuklir dan Moskow secara teratur menerbangkannya di atas perairan internasional di Kutub Utara, Atlantik Utara, serta Pasifik sebagai unjuk kekuatan.

Pada bulan Februari, pasukan pertahanan udara Amerika Utara dikirim untuk mencegat beberapa pembom strategis dan jet tempur Rusia saat mereka terbang di wilayah udara internasional dekat Alaska.

Waktu penerbangan terbaru tampaknya lebih tepat dari biasanya, karena Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida dijadwalkan di Kiev nanti dalam kunjungan untuk menunjukkan solidaritas dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy dalam perang melawan Rusia.



Kantor berita Jepang, NHK, menunjukkan Kishida menaiki kereta di kota Polandia Przemysl dekat perbatasan Ukraina.

Jepang, yang memiliki sengketa teritorialnya sendiri dengan Moskow atas pulau-pulau di Pasifik utara sejak akhir Perang Dunia Kedua, adalah sekutu utama Amerika Serikat di Asia dan anggota Kelompok Tujuh negara demokrasi kaya, dan telah bergabung Sanksi Barat terhadap Rusia.

Kunjungan PM Jepang ini dilakukan sehari setelah pemimpin China Xi Jinping bertemu dengan mitranya dari Rusia Vladimir Putin di Moskow.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2003 seconds (0.1#10.140)