Putin: Rusia-China Berkontribusi untuk Perkuat Dunia Multipolar

Selasa, 21 Maret 2023 - 06:15 WIB
loading...
Putin: Rusia-China Berkontribusi untuk Perkuat Dunia Multipolar
Putin: Rusia-China Berkontribusi untuk Perkuat Dunia Multipolar. FOTO/TASS
A A A
MOSKOW - Hubungan antara Moskow dan Beijing berkontribusi untuk memperkuat dunia multipolar. Hal itu diungkapkan Presiden Rusia Vladimir Putin pada pertemuan dengan pemimpin China Xi Jinping , Senin (20/3/2023).

“Secara keseluruhan, interaksi kita di kancah internasional tidak diragukan lagi berkontribusi untuk memperkuat prinsip-prinsip dasar tatanan dunia dan sistem multipolar,” tegas pemimpin Rusia itu, seperti dikutip dari kantor berita TASS.



Menurut Putin, kedua negara juga memiliki banyak masalah untuk didiskusikan di bidang interaksi ekonomi.

"Besok kita akan dapat membicarakannya dengan partisipasi mitra dan mitra kita. Hari ini saya senang Anda telah menganggap mungkin untuk meluangkan waktu dan datang pada malam hari untuk berbicara dengan tenang tentang semua masalah yang menarik bagi kita secara suasana informal dan ramah," kata presiden Rusia itu.

Ini merupakan kunjungan ke-9 yang dilakukan Xi ke Rusia selama masa jabatannya sebagai Presiden China. Ia mendarat di Bandara Vnukovo, Moskow untuk perjalanan resmi tiga hari ke Rusia. Ini jadi lawatan pertama Xi sejak Rusia melancarkan perang di Ukraina tahun lalu.

“China akan bekerja sama dengan Rusia untuk menegakkan multilateralisme sejati, mempromosikan dunia multi-kutub dan demokrasi yang lebih besar dalam hubungan internasional, dan membantu menjadikan pemerintahan global lebih adil dan adil," kata Xi.



“Pertumbuhan hubungan China-Rusia tidak hanya membawa manfaat nyata bagi kedua bangsa, tetapi juga memberikan kontribusi penting bagi perkembangan dan kemajuan dunia,” kata presiden China, menurut harian China Global Times.

“Saya yakin bahwa kunjungan tersebut akan membuahkan hasil yang bermanfaat, dan menyuntikkan dorongan baru ke dalam pertumbuhan yang sehat dan stabil dari koordinasi kemitraan strategis komprehensif China-Rusia untuk era baru,” kata Xi.

Menyebut Rusia, "tetangga yang ramah," Xi berkata: "Saya sangat senang sekali lagi menginjakkan kaki di tanah Rusia (untuk) melakukan kunjungan kenegaraan ke Federasi Rusia atas undangan Presiden Vladimir Putin."
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1227 seconds (0.1#10.140)