Presiden China Xi Jinping Tiba di Rusia untuk Bertemu Putin

Senin, 20 Maret 2023 - 18:43 WIB
loading...
Presiden China Xi Jinping Tiba di Rusia untuk Bertemu Putin
Presiden China Xi Jinping turun dari pesawat kepresidenan di Moskow, Rusia. Foto/sputnik
A A A
MOSKOW - Presiden China Xi Jinping tiba di Moskow pada Senin (20/3/2023) untuk bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin.

Ini menjadi perjalanan luar negeri pertamanya setelah dia dipilih kembali oleh Kongres Rakyat Nasional China sebagai pemimpin negara untuk masa jabatan lima tahun pada periode ketiga pada 10 Maret lalu.

Xi Jinping akan tinggal di Rusia mulai 20 Maret hingga 22 Maret. Xi dan Putin diperkirakan akan membahas konflik di Ukraina di antara topik kepentingan bersama lainnya.

Presiden China mengatakan dalam artikel untuk RIA Novosti dan Rossiyskaya Gazeta bahwa perjalanannya ke Rusia ditujukan untuk memperkuat perdamaian dan persahabatan antara kedua negara.



Dia menyatakan kesediaannya mengerjakan rencana baru untuk mengembangkan hubungan bilateral bersama dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Presiden China menegaskan siap berdiri bersama Rusia untuk melindungi sistem internasional yang berpusat pada PBB dan tatanan dunia berdasarkan hukum internasional.

“China, bersama dengan Rusia, siap untuk dengan tegas menegakkan sistem internasional yang berpusat pada PBB, menjaga tatanan dunia berdasarkan hukum internasional dan norma dasar hubungan internasional berdasarkan tujuan dan prinsip Piagam PBB, berpegang teguh pada kebenaran. multilateralisme, mempromosikan multipolaritas di dunia dan demokratisasi hubungan internasional," ungkap Xi setibanya di Moskow.



Presiden China Xi Jinping mengatakan pada Senin bahwa dia mengharapkan membahas isu-isu penting regional dan internasional yang menjadi kepentingan bersama selama pembicaraan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

"Saya berharap selama kunjungan, saya akan benar-benar bertukar pandangan dengan Presiden Vladimir Putin tentang masalah hubungan bilateral dan topik penting regional dan internasional yang menjadi kepentingan bersama, dan menguraikan rencana mengembangkan interaksi strategis dan kerja sama praktis," ujar Xi saat kedatangannya di Moskow.

"Saya yakin kunjungan ini akan membuahkan hasil dan akan memberikan dorongan baru bagi perkembangan hubungan kemitraan komprehensif dan strategis China-Rusia yang sehat dan stabil di era baru," tegas Xi.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2187 seconds (0.1#10.140)