Polandia Diprediksi Terseret Perang Lawan Rusia Jika Ukraina Kalah

Senin, 20 Maret 2023 - 20:24 WIB
loading...
A A A
“Mendengarkan dengan seksama seluruh percakapan memungkinkan kita untuk memahami bahwa tidak ada pengumuman keterlibatan langsung Polandia dalam konflik, tetapi hanya peringatan terhadap konsekuensi kekalahan Ukraina, kemungkinan Rusia menyerang atau menyeret lebih banyak negara Eropa Tengah ke dalam perang, negara-negara Baltik dan Polandia,” bunyi pernyataan itu.

Kedubes juga mengutuk laporan yang konon “sensasional” tentang wawancara yang mengejutkan itu, yang menunjukkan beberapa media yang tidak dikenal mungkin telah bertindak dengan “niat buruk”.

Pernyataan tersebut mendapat sambutan yang buruk di Moskow, dengan seorang senator top Rusia, Alexey Pushkov, memperingatkan Polandia tentang konsekuensi potensial dan mempertanyakan tekadnya melawan Rusia sendiri.

“Pernyataan yang sangat lancang dari duta besar Polandia di Paris. Untuk pertama kalinya, perwakilan resmi Polandia mengatakan apa yang sudah lama dipikirkan para pemimpinnya. Namun, semua 'keberanian' Polandia didasarkan pada dukungan Amerika Serikat. Apakah Warsawa yakin bahwa Washington siap berperang?” ujar Pushkov dalam posting Telegram.

Polandia telah menjadi salah satu pendukung paling aktif Kiev dalam permusuhan melawan Rusia, mengirimkan berbagai macam perangkat keras militer, termasuk tank dan artileri, untuk menopang Ukraina.

Selain itu, tentara bayaran Polandia terlibat langsung dalam konflik dalam jumlah yang signifikan, menurut Moskow.

Warsawa juga telah mengumumkan pembangunan militer besar-besaran sendiri, berusaha memperluas jajaran angkatan bersenjatanya dan mendapatkan sejumlah besar perangkat keras militer modern dari luar negeri.
(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1427 seconds (0.1#10.140)