Polandia Diprediksi Terseret Perang Lawan Rusia Jika Ukraina Kalah

Senin, 20 Maret 2023 - 20:24 WIB
loading...
Polandia Diprediksi Terseret Perang Lawan Rusia Jika Ukraina Kalah
Duta Besar Polandia untuk Prancis Jan Emeryk Rosciszewski. Foto/nfp
A A A
PARIS - Duta Besar Polandia untuk Prancis Jan Emeryk Rosciszewski memperingatkan Polandia mungkin akan "bergabung" dengan konflik yang sedang berlangsung antara Rusia dan Ukraina jika Kiev gagal melindungi "kemerdekaannya".

Peringatan itu diungkapkan pada Sabtu (18/3/2023) saat berbicara langsung dengan penyiar LCI.

Rosciszewski dengan tegas menyalahkan permusuhan, yang telah berlangsung selama lebih dari setahun, pada Moskow.

Dia menyatakan, "Bukan NATO, bukan Polandia, bukan Prancis, dan bukan Slovakia yang meningkatkan ketegangan internasional, tetapi Rusia.”



Menurut diplomat itu, “Situasinya sekarang adalah baik Ukraina akan berhasil mempertahankan kemerdekaannya, atau kami akan dipaksa, bagaimanapun juga, untuk bergabung dalam konflik ini."

“Kalau tidak, nilai-nilai utama kita, yang menjadi dasar peradaban dan budaya kita, akan berada dalam bahaya mendasar, jadi kita tidak punya pilihan,” tegas Rosciszewski.

Pernyataan keras tersebut segera menjadi berita utama di media internasional, mendorong misi diplomatik Polandia di Prancis untuk menguraikan lebih lanjut pernyataan yang dibuat duta besarnya.



Menurut pesan yang dikeluarkan Kedutaan Besar Polandia pada Minggu, komentar Rosciszewski sebenarnya bukanlah pengakuan bahwa Warsawa siap berperang dengan Rusia, tetapi hanya "peringatan" dan janji untuk terus mendukung Kiev.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1451 seconds (0.1#10.140)