Minggu Siang, Korea Utara Kembali Tembakkan Rudal Balistik

Minggu, 19 Maret 2023 - 11:56 WIB
loading...
Minggu Siang, Korea Utara Kembali Tembakkan Rudal Balistik
Minggu siang, Korea Utara kembali tembakkan rudal balistik. Foto/Ilustrasi
A A A
SEOUL - Militer Korea selatan (Korsel) pada Minggu (19/3/2023) melaporkan Korea Utara (Korut) menembakkan rudal balistik jarak pendek (SRBM) ke arah Laut Timur. Peluncuran ini mengikuti serangkain peluncuran sebelumnya sebagai protes atas latihan militer Korsel-Amerika Serikat (AS).

Kepala Staf Gabungan (JCS) Korsel mengatakan pihaknya mendeteksi peluncuran dari daerah Tongchang-ri di pantai barat Korut pada pukul 11:05 waktu setempat. Daerah itu adalah lokasi peluncuran roket jarak jauh utama Korut.

"Sambil memperkuat pemantauan dan kewaspadaannya dalam persiapan menghadapi kemungkinan peluncuran tambahan, militer kami mempertahankan postur kesiapan penuh dalam kerja sama yang erat dengan Amerika Serikat," kata JCS dalam pesan teks yang dikirimkan kepada wartawan seperti dilansir dari kantor berita Korsel, Yonhap.



Peluncuran rudal terbaru yang dilakukan Korut juga dilaporkan oleh Kementerian Pertahanan Jepang.

Dilansir dari CNN, Penjaga Pantai Jepang mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa rudal yang diluncurkan oleh Korut tampaknya telah mendarat.

Penjaga Pantai Jepang lantas memperingatkan semua kapal untuk menunggu informasi lebih lanjut, tidak mendekati benda jatuh, dan melaporkan sesuatu yang mencurigakan.

Korut telah meningkatkan ketegangan karena Korsel-AS melakukan latihan Freedom Shield reguler yang disebut Pyongyang sebagai persiapan perang agresi melawannya.



Latihan perang selama 11 hari itu akan berakhir Kamis mendatang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1581 seconds (0.1#10.140)