Kremlin Ancam Hancurkan Jet Tempur MiG-29 Bantuan Negara NATO

Jum'at, 17 Maret 2023 - 21:50 WIB
loading...
Kremlin Ancam Hancurkan Jet Tempur MiG-29 Bantuan Negara NATO
Rusia ancam hancurkan jet tempur MiG-29 bantuan Polandia dan Slovakia untuk Ukraina. Foto/Ilustrasi
A A A
MOSKOW - Kremlin mengancam akan menghancurkan jet tempur MiG-29 yang diberikan kepada Ukraina oleh sekutunya. Itu dikeluarkan setelah dua negara anggota NATO , Polandia dan Slovenia, menjanjikan bantuan jet tempur era Soviet itu.

Slovakia menjadi negara NATO kedua yang menjanjikan Kiev beberapajet tempur MiG-29 pada hari Jumat (17/3/2023), sehari setelah Polandia. Slovakia telah mengkandangkan armada jet tempur MiG-29 pada tahun lalu dan tidak lagi menggunakan jet tempur itu.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengutuk rencana negara-negara NATO, mengatakan bahwa pesawat itu tidak akan mempengaruhi hasil operasi militer khusus Moskow, seperti yang disebut perang, tetapi hanya membawa kesengsaraan tambahan bagi Ukraina dan rakyat Ukraina.

“Tentu saja, selama operasi militer khusus, semua peralatan ini akan dimusnahkan,” tambahnya seperti dikutip dari BBC.

Sebelumnya, Perdana Menteri Slovakia Eduard Heger mentweet bahwa pemerintahnya telah menyetujui pengiriman 13 jet tempur MiG-29 negara itu.

Dia mengatakan janji harus ditepati dan bahwa dia senang orang lain menjawab panggilan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky untuk lebih banyak senjata.

Dia mengatakan Slovakia juga akan mengirimkan bagian dari sistem pertahanan udara Kub ke Ukraina.



Pada hari Kamis, Polandia menjanjikan empat MiG-29, untuk dikirim dalam beberapa hari mendatang, tetapi lebih banyak lagi diharapkan akan menyusul.

Seperti janji tank Leopard, negara itu telah memecahkan penghalang. Ini adalah langkah yang tidak seorang pun siap untuk mengambilnya setahun yang lalu.

Tidak jelas berapa banyak pesawat Slovakia yang beroperasi.

Ukraina telah meminta jet tempur modern dari negara-negara Barat, tetapi karena waktu pelatihan yang lama, ini hanya dilihat sebagai opsi jangka panjang.

Kiev melihat keberadaan jet tempur ekstra penting untuk pertahanannya dan kemungkinan serangan balik, setahun setelah invasi Rusia.

Negara-negara NATO lainnya sedang mempertimbangkan untuk mengirim pesawat era Soviet seperti MiG, yang dilatih untuk diterbangkan oleh pilot Ukraina.



Ini adalah langkah positif untuk Ukraina - yang memiliki lebih banyak pilot daripada pesawat - tetapi tidak akan membuat perbedaan yang menentukan.

Ukraina mengatakan apa yang mereka butuhkan adalah jet tempur F-16 buatan Amerika Serikat (AS).

Yuri Sak, seorang penasihat senior pertahanan Ukraina, mengatakan pesawat tempur generasi keempat memiliki kemampuan yang lebih baik.

Bantuan jet tempur modern itu tampaknya masih tidak mungkin - setidaknya untuk saat ini, karena akan membutuhkan waktu untuk melatih pilot Ukraina dengan jet Barat.

Perwira militer Barat tetap skeptis dengan jet tempur modern di mana fokus mereka adalah membantu Ukraina memenangkan pertempuran di lapangan.

Garis depan dibanjiri dengan sistem pertahanan udara di kedua sisi. Angkatan udara Rusia jauh lebih besar dari Ukraina dan belum mampu menguasai langit.

Pada awal invasi skala penuh Rusia, Ukraina diyakini memiliki sekitar 120 pesawat berkemampuan tempur - terutama MiG-29 dan Su-27 yang menua.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1244 seconds (0.1#10.140)