Dua Negara Uni Eropa Tawarkan Jet Tempur ke Ukraina

Jum'at, 10 Maret 2023 - 13:52 WIB
loading...
Dua Negara Uni Eropa Tawarkan Jet Tempur ke Ukraina
Polandia dan Slovakia menawarkan jet tempur MiG-29 ke Ukraina. Foto/Kyiv Independent
A A A
BRATISLAVA - Polandia dan Slovakia telah sepakat untuk menyerahkan jettempur MiG-29 buatan Soviet ke Ukraina. Hal itu diungkapkan Menteri Pertahanan Slovakia Jaro Nad.

Pernyataan ini menyusul pengumuman sehari sebelumnya oleh Presiden Polandia Andrzej Duda yang mengatakan negaranya akan menyumbangkan seluruh armada MiG-29 miliknya.

Dalam sebuah postingan di Facebook, Nad menyatakan bahwa seorang pejabat Polandia telah mendekatinya pada pertemuan para menteri pertahanan Uni Eropa di Swedia pada hari Rabu, membenarkan bahwa Warsawa akan menyetujui penyediaan bersama jet tempur ke Ukraina.



“Sudah waktunya untuk membuat keputusan tentang pengiriman pesawat," tulis Nad dalam postingan Facebooknya seperti dilansir dari RT, Jumat (10/3/2023).

Ini menunjukkan bahwa kedua negara masih menunggu lampu hijau dari Amerika Serikat (AS). Namun, Washington telah mengindikasikan tidak mungkin memberikan izin.

Sementara dalam sebuah wawancara dengan CNN pada hari Rabu, Duda mengatakan bahwa negaranya siap menyediakan pesawat-pesawat ini.

Namun, Duda telah membuat pernyataan serupa sebelumnya. Dalam sebuah wawancara dengan Sky News bulan lalu, dia meminta NATO untuk memberi Ukraina jet modern di masa depan, tetapi mengatakan bahwa MiG yang lebih tua dapat dikirim untuk sementara.

Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki sehari kemudian mengatakan bahwa Warsawa "siap" untuk transfer semacam itu, tetapi hanya akan melakukannya sebagai bagian dari koalisi dengan Amerika Serikat sebagai pemimpin.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1108 seconds (0.1#10.140)