Polandia-Slovakia Desak Sekutu Barat Segera Kirim Jet Tempur ke Ukraina

Sabtu, 11 Maret 2023 - 13:40 WIB
loading...
Polandia-Slovakia Desak Sekutu Barat Segera Kirim Jet Tempur ke Ukraina
Polandia-Slovakia Desak Sekutu Barat Segera Kirim Jet Tempur ke Ukraina. FOTO/Reuters
A A A
WARSAWA - Para pejabat di Polandia dan Slovakia mendesak sekutu mereka untuk menyediakan jet tempur ke Ukraina . Dua negara itu mengatakan, mereka siap untuk mengirim jet tempur MiG-29 buatan Soviet mereka ke Kiev sebagai bagian dari koalisi internasional.

Namun, masih belum jelas apakah ada pendukung Barat Ukraina lainnya yang siap mengambil langkah itu. “Saya pikir sudah waktunya untuk membuat keputusan. Orang-orang di Ukraina sedang sekarat. Kami benar-benar dapat membantu mereka,” kata Menteri Pertahanan Slovakia, Jaroslav Nad, seperti dikutip dari AP, Jumat (10/3/2023).



“Ini tidak manusiawi dan tidak bertanggung jawab,” lanjutnya. Pejabat Slovakia dan Polandia telah melakukan panggilan sebelumnya, tetapi telah memperbarui banding mereka dalam beberapa hari terakhir. Kedua negara adalah anggota NATO.

Sebelumnya, Presiden Polandia Andrzej Duda mengatakan di CNN, bahwa Polandia siap untuk menyediakan Ukraina dengan pesawat tempur MiG-29 dalam koalisi dengan negara lain.

Nad juga mengatakan itu adalah masalah diskusi antara dirinya dan timpalannya dari Polandia pada pertemuan di Swedia pada hari Rabu dan mereka menyetujui masalah tersebut.



Kementerian Pertahanan Polandia mengatakan dalam sebuah pernyataan melalui email kepada The Associated Press, bahwa Polandia “siap untuk menyerahkan jet tempur MiG-29 kami ke Ukraina sebagai bagian dari koalisi internasional.”

Ukraina telah meminta jet tempur Barat untuk memperkuat pertahanannya saat perang memasuki tahun kedua. Sementara Kiev telah mendapatkan janji tank, beberapa di antaranya sudah tiba.

Namun, hingga kini masih belum ada tanda-tanda bahwa negara-negara besar seperti Amerika Serikat dan Inggris akan setuju untuk mengirim pesawat tempur mereka.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1138 seconds (0.1#10.140)