Profil Carsten Breuer, Kepala Pertahanan Baru Jerman yang Ditunjuk Boris Pistorius

Jum'at, 17 Maret 2023 - 20:20 WIB
loading...
Profil Carsten Breuer, Kepala Pertahanan Baru Jerman yang Ditunjuk Boris Pistorius
Letnan Jenderal Carsten Breuer telah ditunjuk sebagai Kepala Pertahanan Jerman yang baru. Foto/vorwaerts
A A A
JAKARTA - Letnan Jenderal Carsten Breuer telah ditunjuk sebagai Kepala Pertahanan Jerman yang baru.

Mengutip laman Reuters, Jumat (17/3/2023), ketentuan ini diputuskan oleh Menteri Pertahanan Jerman Boris Pistorius. Untuk diketahui, Kepala Pertahanan sendiri merupakan jabatan tertinggi militer Berlin.

Pada tugasnya yang baru, Breuer akan menggantikan Jenderal Eberhard Zorn yang sebelumnya menjabat Kepala Pertahanan Jerman sejak 2018 lalu.

Profil Kepala Pertahanan Baru Jerman Carsten Breuer

Dalam riwayat hidupnya, Breuer lahir di Letmathe pada tahun 1964. Dia bergabung dengan militer pada tahun 1984. Saat itu, dia menjadi calon perwira di Resimen Pertahanan Udara di Achim, salah satu unit Pasukan Pertahanan Udara Angkatan Darat.

Seiring waktu, kariernya terbilang cukup cemerlang dengan kenaikan pangkat signifikan serta berbagai jabatan strategis yang disandangnya. Terbukti, sekitar tahun 2018 Breuer ditunjuk sebagai Kepala Komando Tugas Teritorial.

Adapun tugasnya kala itu adalah bertanggung jawab atas aspek administratif angkatan bersenjata Jerman. Saat datang pandemi Corona, namanya mendadak populer atas keberhasilannya memimpin gugus tugas darurat Covid-19 di Jerman tahun 2021 hingga 2022.

Selain itu, sebelum ditunjuk untuk mengisi jabatan Kepala Pertahanan Jerman yang baru, Breuer sejatinya tengah bertugas sebagai Komandan Komando Teritorial dan Komando Kontrol Bundeswehr di Berlin.

Sebelum penunjukannya, sejatinya telah muncul desas-desus terkait penggantian Jenderal Eberhard Zorn. Hal ini terutama terjadi saat Boris Pistorius mengambil alih jabatan Menteri Pertahanan Jerman.

Dalam hal ini, penunjukan Letnan Jenderal Carsten Breuer bukanlah tanpa alasan. Kementerian terkait menganggap dirinya sebagai sosok tegas dan populer di kalangan militer Jerman. Maka dari itu, jatuhlah pilihan kepadanya.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1363 seconds (0.1#10.140)