Diplomat China: Beijing Ingin Rusia-Ukraina Lakukan Pembicaraan Damai

Jum'at, 17 Maret 2023 - 01:30 WIB
loading...
Diplomat China: Beijing Ingin Rusia-Ukraina Lakukan Pembicaraan Damai
Diplomat China: Beijing Ingin Rusia-Ukraina Lakukan Pembicaraan Damai. FOTO/Reuters
A A A
BEIJING - China prihatin dengan eskalasi perang di Ukraina . Beijing ingin Moskow dan Kiev mengadakan pembicaraan damai. Hal itu diungkapkan diplomat senior China, Qin Gang kepada mitranya dari Ukraina melalui panggilan telepon, Kamis (16/3/2023).

China, yang telah menahan diri untuk tidak mengutuk Rusia atas invasinya ke Ukraina, telah mendesak kedua belah pihak untuk menyetujui penurunan eskalasi bertahap yang mengarah ke gencatan senjata komprehensif dalam makalah 12 poinnya tentang "resolusi politik krisis Ukraina".



Rencana tersebut, yang mendapat sambutan hangat dari kedua belah pihak, karena menyerukan perlindungan warga sipil dan saling menghormati kedaulatan masing-masing.

"China berharap semua pihak akan tetap tenang, rasional dan menahan diri, dan melanjutkan pembicaraan damai secepat mungkin," kata Qin kepada Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba, menurut pernyataan Kementerian Luar Negeri China, seperti dikutip dari Reuters.



Presiden China Xi Jinping diperkirakan akan mengunjungi Rusia Vladimir Putin paling cepat minggu depan dan mengadakan pertemuan virtual dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

Meski demikian, analis mengatakan, akan sulit bagi China untuk membawa Rusia dan Ukraina ke meja perundingan. Tetapi, beberapa menunjukkan bahwa Xi dapat bertindak sebagai "saluran belakang" untuk memulai momentum menuju pembicaraan.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1603 seconds (0.1#10.140)