Putin: Jerman Tidak Bisa Bertindak Independen

Rabu, 15 Maret 2023 - 16:20 WIB
loading...
Putin: Jerman Tidak Bisa Bertindak Independen
Putin: Jerman Tidak Bisa Bertindak Independen. FOTO/Reuters
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan, tanggapan Jerman terhadap ledakan pipa di Laut Utara menunjukkan bahwa negara itu tetap "diduduki" dan tidak dapat bertindak secara independen beberapa dekade setelah menyerah pada akhir Perang Dunia II.

Putin, yang diwawancarai di televisi Rusia, juga mengatakan para pemimpin Eropa telah digertak hingga kehilangan rasa kedaulatan dan kemerdekaan mereka.



Negara-negara Barat, termasuk Jerman, telah bereaksi dengan hati-hati terhadap penyelidikan atas ledakan yang menghantam pipa gas Nord Stream Rusia tahun lalu. Ia mengatakan, mereka yakin itu adalah tindakan yang disengaja, tetapi menolak mengatakan siapa yang menurut mereka bertanggung jawab.

“Masalahnya adalah para politisi Eropa telah mengatakan kepada diri mereka sendiri secara terbuka bahwa setelah Perang Dunia Kedua, Jerman tidak pernah menjadi negara yang berdaulat penuh,” kantor berita Rusia mengutip perkataan Putin kepada saluran TV Rossiya-1.

“Uni Soviet pada satu titik menarik pasukannya dan mengakhiri pendudukan negara. Tapi, seperti diketahui, tidak demikian halnya dengan orang Amerika. Mereka terus menduduki Jerman,” lanjutnya.



Putin mengatakan kepada pewawancara bahwa ledakan itu dilakukan pada "tingkat negara bagian" dan ditolak sebagai saran "omong kosong" bahwa kelompok otonom pro-Ukraina bertanggung jawab.

Pipa itu dimaksudkan untuk membawa gas Rusia ke Jerman, meskipun sejak invasi Moskow ke Ukraina setahun yang lalu Berlin telah mengambil langkah-langkah untuk mengurangi ketergantungannya pada hidrokarbon Rusia.

Para pemimpin di Berlin telah berhati-hati dalam membagi kesalahan atas ledakan itu, dengan Menteri Pertahanan Boris Pistorius mengatakan pekan lalu ledakan itu bisa menjadi "operasi peringatan palsu untuk menyalahkan Ukraina".
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1347 seconds (0.1#10.140)