Dicurigai Bawa Daging Sapi, Pria Muslim India Tewas Diamuk Massa

Sabtu, 11 Maret 2023 - 22:26 WIB
loading...
Dicurigai Bawa Daging Sapi, Pria Muslim India Tewas Diamuk Massa
Seorang pria muslim di India tewas diamuk massa setelah dicurigai membawa daging sapi. Polisi menangkap 3 orang terkait kematian korban. Foto/REUTERS
A A A
NEW DELHI - Seorang pria muslim di India tewas diamuk massa setelah dicurigai membawa daging sapi. Polisi setempat pada Sabtu (11/3/2023) mengumumkan tiga orang telah ditangkap terkait dengan kematian korban.

Amuk massa ini terjadi awal pekan ini di Bihar timur. Korban, Naseem Qureshi (56), meninggal setelah diserang massa karena dicurigai membawa daging sapi, yang penjualan dan konsumsinya dibatasi di beberapa bagian negara oleh pemerintah.

Menurut pernyataan polisi yang disampaikan ke pengadilan, Qureshi diduga dikepung oleh lebih dari 20 orang dan diserang.



Pasukan polisi turun tangan tetapi korban meninggal ketika dalam perjalanan ke rumah sakit.

Ramchandra Tiwari, Kepala Kantor Polisi Rasulpur di Bihar, tempat kejahatan itu terjadi, mengatakan kepada kantor berita Reuters melalui telepon bahwa tiga orang telah ditangkap.

Sekadar diketahui, sapi merupakan hewan suci dalam kepercayaan Hindu. Di India sering terjadi serangan terhadap mereka yang dituduh menyembelih hewan tersebut untuk diambil daging atau kulitnya. Kebanyakan yang menjadi sasaran serangan adalah minoritas muslim atau pun mereka yang berada di bawah sistem kasta kuno India.

Kelompok-kelompok Hindu garis keras telah menuntut larangan total penyembelihan sapi di seluruh India.

Kelompok penjaga sapi Hindu, kelompok tidak resmi, juga telah berupaya menegakkan hukum itu sendiri sejak pemerintah nasionalis Hindu di bawah Perdana Menteri Narendra Modi berkuasa pada tahun 2014.

Bihar saat ini diperintah oleh partai regional, dan Partai Bharatiya Janata pimpinan Modi duduk sebagai oposisi.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1631 seconds (0.1#10.140)