Kelompok Bersenjata Bunuh 37 Nelayan di Nigeria Utara

Jum'at, 10 Maret 2023 - 01:30 WIB
loading...
Kelompok Bersenjata Bunuh 37 Nelayan di Nigeria Utara
Ilustrasi
A A A
ABUJA - Kelompok bersenjata di negara bagian Borno, timur laut Nigeria telah menewaskan sedikitnya 37 nelayan. Hal itu diungkapkan sumber-sumber milisi dan penduduk setempat kepada AFP, Kamis (9/3/2023).

Pemberontak Boko Haram yang beroperasi di daerah itu bersama saingan yang terkait dengan kelompok ISIS, ISWAP, sering menargetkan penduduk setempat untuk mencuri atau karena mereka menuduh mereka sebagai mata-mata militer atau milisi yang memerangi mereka.



Pada Rabu (8/3/2023) malam, selusin pejuang yang diyakini bersama Boko Haram, menembaki sekelompok nelayan di luar desa Guggo, 18 kilometer dari kota Dikwa, kata tiga sumber.

"Kami telah menemukan 37 mayat tadi malam di sepanjang tepi sungai dan semak-semak terdekat," kata pemimpin milisi Babakura Kolo kepada AFP.

“Angka tersebut tidak lengkap dan pencarian lebih banyak jenazah sedang berlangsung di semak-semak sekitar,” kata Kolo.

Para nelayan sedang memilah hasil tangkapan mereka hari itu di tepi sungai ketika mereka disergap. Beberapa lari menyelamatkan diri, kata anggota milisi kedua Umar Ari yang memberikan jumlah kematian yang sama.



“Para teroris mengejar para nelayan yang berusaha melarikan diri, menembak mati mereka, tetapi tiga berhasil melarikan diri dan memberi tahu Dikwa tentang serangan itu,” kata Ari.

Tidak jelas berapa banyak yang pergi memancing hari itu, kata seorang warga setempat Abdullahi Kyari yang juga memberikan jumlah korban yang sama.

Baik militer maupun otoritas lokal tidak mengomentari serangan itu. Sejak pemberontakan dimulai pada tahun 2009, setidaknya 40.000 orang telah tewas dan lebih dari dua juta orang telah mengungsi dari rumah mereka menurut PBB.

Kekerasan juga menyebar ke beberapa bagian negara tetangga Niger, Chad dan Kamerun, mendorong koalisi militer regional untuk memerangi militan.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1999 seconds (0.1#10.140)