Uni Eropa Diseru Beralih ke Ekonomi Masa Perang untuk Penuhi Kebutuhan Senjata Ukraina

Minggu, 05 Maret 2023 - 05:15 WIB
loading...
Uni Eropa Diseru Beralih ke Ekonomi Masa Perang untuk Penuhi Kebutuhan Senjata Ukraina
Amunisi 155mm adalah roti dan mentega untuk sebagian besar howitzer NATO seperti M777 yang disediakan AS. Foto/REUTERS
A A A
BRUSSELS - Kepala industri Uni Eropa (UE) mengatakan blok tersebut harus beralih ke model ekonomi "masa perang" jika berharap dapat memenuhi kebutuhan medan perang Ukraina.

Pejabat senior Ukraina menyuarakan harapan untuk masuknya senjata secara besar-besaran dari sponsor asing mereka.

Komisaris untuk Pasar Internal Thierry Breton membahas rencana meningkatkan pengiriman senjata dan amunisi ke Ukraina selama pertemuan dengan Financial Times.

Dia mengaku bekerja dengan Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Josep Borrell untuk memperluas kapasitas industri di Eropa, memangkas kemacetan pasokan dan tekanan bank untuk meningkatkan pinjaman mereka untuk memfasilitasi transfer militer ke Kiev.

“Saya percaya ini saatnya industri pertahanan Eropa beralih ke model ekonomi masa perang untuk memenuhi kebutuhan produksi pertahanan kita,” ujar dia kepada outlet pada Jumat.



Dia dan Borrell “bertekad penuh untuk mendukung peningkatan produksi industri pertahanan Eropa untuk menghadapi realitas konflik berintensitas tinggi, dimulai dengan pertanyaan tentang amunisi.”

Meskipun diplomat yang tidak disebutkan namanya menyuarakan keraguan mereka kepada FT dengan satu pertanyaan, “Bagaimana kita akan membayar untuk ini?” upaya untuk mempercepat pengiriman ke Kiev dan mengisi kembali stok domestik Eropa datang setelah Menteri Pertahanan Ukraina Aleksey Reznikov memohon kepada blok tersebut untuk 250.000 peluru artileri per bulan, jauh melebihi rencana UE yang ada.

Dalam surat kepada kepala pertahanan Eropa pada Jumat, Reznikov berbicara tentang "peran penting" yang dimainkan artileri itu di medan perang.

Dia mengklaim pasukan Ukraina membakar 110.000 peluru 155 mm setiap beberapa pekan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1936 seconds (0.1#10.140)