Berikan Rusia Teknologi Penerbangan, 2 Warga AS Diciduk

Jum'at, 03 Maret 2023 - 16:18 WIB
loading...
Berikan Rusia Teknologi Penerbangan, 2 Warga AS Diciduk
Berikan Rusia teknologi penerbangan, 2 warga AS diciduk. Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
WASHINGTON - Dua warga negara Amerika Serikat (AS) ditangkap di Kansas City karena diduga mengirim teknologi penerbangan ke Rusia . Penangkapan itu diumumkan Departemen KehakimanAS.

Cyril Gregory Buyanovsky (59) dan Douglas Robertson (55) menghadapi beberapa dakwaan, termasuk mengekspor barang-barang yang dikendalikan tanpa lisensi, memalsukan dan gagal mengajukan informasi ekspor elektronik, dan menyelundupkan barang yang bertentangan dengan undang-undang AS.

Penangkapan mereka adalah langkah terbaru oleh Satuan Tugas KleptoCapture Departemen Kehakiman AS, yang terdiri dari jaksa federal, penyelidik dan analis, yang telah bekerja selama setahun terakhir untuk melakukan kampanye global melawan pencucian uang dan penghindaran sanksi untuk mendukung pemerintah Rusia.

Menurut Departemen Kehakiman, satuan tugas ini telah menghasilkan lebih dari 30 dakwaan terhadap pendukung Kremlin dan militer Rusia yang terkena sanksi.



Menurut jaksa penuntut, perusahaan Perdagangan KanRus yang berbasis di AS menjual dan memasang peralatan elektronik Barat untuk pesawat terbang dan diduga menjual peralatan ke perusahaan Rusia dan menyediakan layanan perbaikan untuk pesawat Rusia.

Untuk menghindari sanksi AS, jaksa mengatakan Buyanovsky dan Robertson menyembunyikan siapa klien mereka, berbohong tentang berapa harga produk dan dibayar melalui rekening bank asing.

Setelah perang Rusia di Ukraina dimulai tahun lalu, pemerintah AS memberlakukan sanksi tambahan atas pengiriman ke Rusia.

"Buyanovsky dan Robertson mendiskusikan opsi mereka untuk terus mengirimkan pengiriman ke setidaknya satu klien di Rusia," kata jaksa penuntut, termasuk dengan mengirimkan pengiriman melalui negara pihak ketiga seperti dilansir dari CNN, Jumat (3/3/2023).

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2164 seconds (0.1#10.140)