Perjalanan Karier Vo Van Thuong, Presiden Baru Vietnam

Jum'at, 03 Maret 2023 - 14:37 WIB
loading...
Perjalanan Karier Vo Van Thuong, Presiden Baru Vietnam
Vo Van Thuong, politisi Partai Komunis yang menjadi presiden baru Vietnam. REUTERS/Na Son Nguyen/Pool
A A A
JAKARTA - Vo Van Thuong, anggota politbiro Partai Komunis Vietnam (CPV), terpilih menjadi presiden baru Vietnam . Dia menggantikan Nguyen Xuan Phuc yang mengundurkan diri Januari lalu.

Majelis Nasional (Parlemen) Vietnam telah mengukuhkan Thuong sebagai presiden setelah Partai Komunis yang berkuasa mencalonkannya sebagai presiden.

Dikutip dari Vietnam News, sebanyak 487 dari 488 anggota yang hadir dalam Majelis Nasional memilih mengesahkan resolusi Parlemen tentang pemilihan Thuong sebagai presiden dengan masa jabatan berakhir pada 2026.

Sebagai presiden atau kepala negara, Thuong adalah pejabat tertinggi kedua di Vietnam setelah Sekretaris Jenderal Partai Komunis.



Vo Van Thuong merupakan pria kelahiran 13 Desember 1970 dan merupakan anggota termuda dari politbiro Partai Komunis Vietnam (CPV).

Dalam biografi resminya, dia memiliki gelar MA dalam filsafat dan juga gelar lain dalam bidang politik yang diperoleh dari Akademi Politik Nasional Ho Chi Minh.

Thuong memulai karier politiknya pada tahun 1993 dengan bekerja di bidang kemahasiswaan dan pemuda komunis serta pernah menjadi sekretaris Serikat Pemuda Komunis Kota Ho Chi Minh pada tahun 2003.

Pada tahun 2006, Thuong terpilih sebagai anggota pengganti Komite Pusat CPV dan ditunjuk sebagai Sekretaris pertama Komite Pusat Serikat Pemuda Komunis Ho Chi Minh pada tahun 2007.

Selanjutnya pada tahun 2011, dia terpilih sebagai anggota Komite Sentral CPV yang kemudian menjadi sekretaris Komite Partai Provinsi Quang Ngai dari Agustus 2011 hingga April 2014.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1315 seconds (0.1#10.140)