Tepi Barat Membara, 400 Pemukim Yahudi Israel Bakar Puluhan Rumah dan Mobil Palestina

Selasa, 28 Februari 2023 - 07:41 WIB
loading...
Tepi Barat Membara, 400 Pemukim Yahudi Israel Bakar Puluhan Rumah dan Mobil Palestina
Gedung-gedung terbakar dalam penyerbuan pemukim Yahudi di Huwara, Tepi Barat. Foto/twitter/sputnik
A A A
TEPI BARAT - Sekitar 400 pemukim Yahudi Israel menyerang warga Palestina dan rumah serta properti mereka di kota Huwara, Tepi Barat, distrik selatan Nablus, pada Minggu malam (26/2/2023).

Penyerbuan pemukim Yahudi ini disebut sebagai wabah kekerasan pemukim terburuk di sana dalam beberapa dekade.

Menurut laporan berita lokal, sekitar 30 rumah dan mobil Palestina dibakar, salah satunya berisi keluarga Palestina.



Otoritas Israel yang menanggapi kebakaran tersebut dilaporkan menyelamatkan keluarga tersebut. Warga Palestina menanggapi serangan itu dengan melemparkan batu ke arah para perusuh.

Video yang diposting di media sosial menunjukkan kolom api dan asap mengepul di langit. Para pemukim Israel menghentikan serangan mereka saat salat Isya, menuai kritik dari orang Yahudi secara online karena melakukannya.

Menurut Kementerian Kesehatan Palestina, seorang pria berusia 37 tahun ditembak dan dibunuh oleh orang Israel selama kerusuhan, dan dua orang lainnya terluka oleh tembakan.

Warga Palestina lain dirawat karena luka tusukan, dan orang kelima dipukuli dengan batang besi. 350 orang lainnya juga dirawat karena menghirup gas air mata.



Kekerasan itu dikecam secara luas di Amerika Serikat (AS), Prancis, dan lembaga hak asasi manusia Israel B'Tselem.

B'Tselem menuduh pemerintah Israel mendorong serangan itu, yang disebutnya sebagai "pogrom". Pogrom adalah istilah untuk pembantaian terorganisir terhadap kelompok etnis tertentu.

“Rezim Supremasi Yahudi melakukan pogrom di desa-desa sekitar Nablus kemarin. Ini bukan 'kehilangan kendali'. Persis seperti inilah kontrol Israel. Para pemukim melakukan penyerangan, militer mengamankannya, para politisi mendukungnya. Ini sinergi,” ungkap pernyataan B'Tselem.

“Pogrom Huwarah adalah manifestasi ekstrim dari kebijakan lama Israel. Itu dilakukan oleh negara Israel,” papar B'Tselem.

Setelah serangan itu, sejumlah besar pengunjuk rasa berkumpul di Tel Aviv membawa tanda bertuliskan "Palestina Lives Matter" dan berdemonstrasi menentang serangan oleh para pemukim Yahudi.



Peristiwa itu sebagian besar terjadi pada hari sebelumnya, ketika dua orang Yahudi Israel ditembak mati di kota itu.

Hillel Yaniv yang berusia 21 tahun dan Yagel Yaniv yang berusia 19 tahun, dua bersaudara dari permukiman terdekat Har Bracha, ditembak mati dari jarak dekat di dalam mobil mereka di Huwara.

Mereka dibawa ke Rumah Sakit Beilinson di Petah Tikva untuk perawatan, di mana mereka dinyatakan meninggal dunia.

Menurut saksi yang dikutip di media Israel, pria bersenjata Palestina itu mengenakan kemeja bertuliskan Lion's Den, kelompok militan yang berbasis di Nablus.

Saat polisi Israel melakukan perburuan terhadap penembak, pos pemeriksaan didirikan dan Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengerahkan bala bantuan ke Tepi Barat untuk mengantisipasi kekerasan.



Setelah penembakan, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan Menteri Keamanan Nasional Itamar Ben-Gvir mengeluarkan pernyataan bersama yang mengatakan mereka baru saja menyetujui undang-undang yang mengesahkan hukuman mati bagi siapa pun yang dihukum karena terorisme terhadap warga Israel.

Menteri Keuangan Israel Bezalel Smotrich, salah satu menteri sayap kanan baru yang kontroversial dalam pemerintahan Netanyahu bersama Ben-Gvir, mengatakan, "Ketenangan hanya akan tercapai setelah tentara Israel menyerang kota-kota teror tanpa ampun."

Dia menyerukan kembalinya delegasi Israel ke pertemuan puncak keamanan di kota Aqaba di Yordania dengan delegasi Palestina, Yordania, Mesir, dan Amerika untuk membicarakan situasi di Tepi Barat dan Gaza.

Bulan Serangan Mematikan

Tepi Barat, yang telah berada di bawah kendali Israel sejak 1967 tetapi sebagian besar di antaranya diklaim Otoritas Nasional Palestina pada tingkat tertentu, telah menjadi tempat meningkatnya kekerasan antara pemukim Yahudi dan warga Palestina.

Sejak akhir tahun lalu, operasi oleh IDF dan Shin Bet, badan keamanan internal Israel, di Tepi Barat hampir terjadi setiap malam.

Satu serangan di Nablus Oktober lalu melihat lebih dari 100 mobil IDF bergegas ke kota setelah matahari terbenam untuk serangan terhadap Lion's Den yang mengakibatkan lima kematian warga Palestina dan 21 orang lainnya luka-luka.

Satu lagi penggerebekan Israel di kamp pengungsi Jenin pada bulan Januari diduga bertujuan menahan beberapa anggota Jihad Islam Palestina (PIJ).

Namun, penggerebekan tersebut mengakibatkan kematian 10 orang, termasuk anak-anak dan orang tua, dan lebih dari selusin orang lainnya terluka, antara lain, dengan gas air mata di rumah sakit.

Kemudian di Nablus pekan lalu, serangan IDF lainnya mengakibatkan kematian 11 orang Palestina dan melukai lebih dari 100 lainnya.

Setelah itu, ketika tentara IDF dituduh menembak secara acak ke jalan-jalan ramai di Kota Tua.

Juru bicara internasional Pasukan Pertahanan Israel Letnan Kolonel Richard Hecht mengatakan, “IDF hanya menembak pada ancaman.”

Ketegangan telah meningkat di Tepi Barat selama bertahun-tahun, dan kekerasan baru-baru ini membuat banyak orang khawatir akan dimulainya "Intifada Ketiga", atau pemberontakan massal Palestina.

Dua pemberontakan sebelumnya, dari tahun 1987 hingga 1993 dan dari tahun 2000 hingga 2005, mengakibatkan Israel memberikan konsesi besar kepada warga Palestina dengan mengorbankan ribuan nyawa di kedua sisi.

Selama pertemuan baru-baru ini dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dilaporkan menasihatinya untuk menegaskan kembali kendali Otoritas Palestina atas Nablus dan Jenin.

Pejabat Palestina menjawab mereka telah kehilangan legitimasi yang dibutuhkan untuk beroperasi di kedua kota tersebut.

Pemerintahan Abbas, yang berkuasa sejak 2006, telah banyak dikritik warga Palestina karena dugaan korupsi dan bekerja sama dengan otoritas Israel melawan kelompok perlawanan akar rumput Palestina.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1116 seconds (0.1#10.140)